Kompas.com - 01/07/2022, 15:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin kita beranggapan bahwa perselingkuhan merupakan hal yang tabu dalam hubungan asmara. Namun kenyatannya, menurut laporan Statistic Brain Research Institute, cukup banyak pasangan yang melakukannya.

Dari total pasangan yang diteliti, 41 persen di antaranya mengakui bahwa mereka berselingkuh, baik secara emosional maupun fisik, di mana 57 persen pria dan 51 persen wanta mengaku sempat berselingkuh.

Artinya, berselingkuh sama umumnya dengan pasangan yang saling setia.

Sayangnya, menurut Terapis Keluarga dan Pernikahan Steven Ing, MFT, terkadang langkah yang digunakan seseorang untuk melindungi dirinya dari perselingkuhan justru malah menfasilitasi perselingkuhan itu.

“Banyak dari kita yang melakukan strategi “scared straight” dengan membuat pasangan sadar bahwa jika dia selingkuh, hubungan pun berakhir,” ujar Ing, sebagaimana dikutip dari Psychology Today.

Ing menambahkan, strategi tersebut bisa bekerja dengan baik karena rasa takut mungkin bisa mencegah seseorang berselingkuh.

Namun perlu diingat, rasa takut juga mengakibatkan mereka yang berselingkuh mencari cara yang paling aman.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Perempuan Berselingkuh

Adapun soal tujuan perselingkuhan pada pria dan wanita, Ing mengatakan ada perbedaan di antara keduanya.

Menurutnya, pria umumnya mencari kesenangan dan kepuasan dengan hubungan seksual, sementara wanita berselingkuh untuk menemukan kasih sayang dan koneksi.

Memang, alasan di atas tidak spesifik dan bisa berbeda-beda bagi setiap orang, namun umumnya, jika kita ingin mencegah adanya perselingkuhan dalam pernikahan, baik kita dan pasangan perlu meningkatkan kesadaran diri (self-awareness).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.