Kompas.com - 04/07/2022, 10:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua orang tentu ingin sehat dan berumur panjang.

Namun, memiliki umur panjang tidak bisa didapatkan begitu saja. Pasalnya, meski faktor keberuntungan dan genetika berpengaruh, menerapkan kebiasaan sehat berperan lebih besar di dalamnya.

Nah, sebenarnya ada beberapa kebiasaan sehari-hari sederhana yang dapat membuat kita hidup lebih lama. Berikut daftarnya.

Melakukan flossing setiap hari

Dokter dan penulis buku The Great Age Reboot Dr. Michael Roizen M.D., mengatakan bahwa membersihkan gigi memakai benang gigi (flossing) penting untuk mengurangi peradangan.

Bakteri mulut yang tumbuh pada sisa makanan yang tersangkut di antara gigi dapat bermigrasi ke aliran darah, memicu peradangan yang merusak lapisan arteri dan penumpukan plak.

Hal ini dapat membuat arteri menjadi kaku, menyempit dan terjadi serangan jantung, stroke, dan demensia.

Baca juga: Kebiasaan Orang Okinawa yang Bikin Panjang Umur, Bisa Ditiru

Ganti roti dan pasta menjadi whole wheat

Menurut Roizen, salah satu kebiasaaan yang membantu seseorang panjang umur adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks dan lemak sehat.

Gula dan karbohidrat sederhana yang ditemukan di roti dan pasta memang dapat meningkatkan gula darah dan memicu peradangan.

Nah, whole grains dan serat merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang dapat mengurangi peradangan dan baik bagi kesehatan otak dan jantung. 

Selain dari whole grain, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat dari sumber lain yang lebih sehat, misalnya beras merah, beras cokelat, bekatul, dan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.