Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Berkarbohidrat yang Dapat Bantu Turunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 04/05/2023, 10:25 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat seseorang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, tips diet pertama yang biasa ia dapatkan adalah membatasi makanan tinggi garam.

Namun, sebenarnya bukan hanya garam yang perlu dikurangi. Sebab, ada beberapa faktor yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

Misalnya saja, mengikuti Dietary Approaches to Stop Hypertension, atau diet DASH, yang terbukti dapat membantu menurunkan kadar rekanan darah secara signifikan.

Diet DASH sendiri mendorong kita unruk mengonsumsi berbagai makanan sehat kaya kalsium, magnesium, dan kalium, seperti whole grain, sayuran, buah-buahan, produk dairy dan susu rendah atau tanpa lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, legume, dan lemak sehat.

Lalu, diet DASH juga menyarankan konsumsi beberapa makanan kaya karbohidrat yang sehat dan dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Baca juga: Pilih Karbohidrat yang Tepat untuk Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Makanan karbohidrat yang membantu turunkan tekanan darah

Dikutip dari Eating Well, berikut tujuh makanan berkarbohidrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tersebut.

Pisang

Ilustrasi makan pisangTimes of India Ilustrasi makan pisang
Buah kaya kalium, pisang, bisa menjadi salah satu makanan kaya karbohidrat terbaik yang dapat mendukung tekanan darah yang sehat.

American Heart Association pun menyarankan agar orang dewasa dengan tekanan darah di atas 120/80 meningkatkan asupan kaliumnya, sehingga memakan pisang bisa menjadi solusi yang baik.

Baca juga: 7 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari, Bagus untuk Diet hingga Pencernaan

Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan yang baik untuk penderita darah rendahDNA India Aneka kacang-kacangan yang baik untuk penderita darah rendah
Kacang menawarkan beberapa karbohidrat alami, lengkap dengan protein nabati dan berbagai vitamin dan mineral, seperti magnesium yang dapat membantu tekanan darah menjadi sehat.

Belum lagi, kacang mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu mendukung pengendalian tekanan darah.

Studi pun telah membuktikannya.

Menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, orang yang makan kacang-kacangan dan lentil dalam jumlah tinggi akan mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka atas fraksi tekanan darah), terlepas dari apakah mereka mengalami hipertensi atau tidak.

Bahkan faktanya, mengonsumsi sekitar 1 2/3 porsi harian kacang-kacangan selama 10 minggu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,25 mm Hg.

Yogurt

Ilustrasi yogurt.Shutterstock/Sea Wave Ilustrasi yogurt.
Selain kaya akan probiotik, International Dairy Journal juga menunjukkan bahwa memakan yogurt dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com