Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2023, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Commando plank adalah salah satu gerakan yang dilakukan untuk melatih otot secara keseluruhan, mulai dari kepala hingga kaki.

Untuk melakukannya, cukup bergerak dari posisi plank yang tinggi ke lengan bawah dan kembali lagi tanpa mengayunkan, mengangkat, atau membengkokkan pinggul.

Gerakan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kebugaran, terutama untuk memperkuat inti tubuh (core).

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat dan cara melakukan commando plank, penulis dan pelatih kebugaran di Tom's Guide, Sam Hopes pun memberikan penjelasannya sebagai berikut.

Baca juga: Plank Vs Push Up, Latihan Mana yang Lebih Baik?

Manfaat commando plank

Menurut Hopes, commando plank menargetkan dan memperkuat otot-otot di bagian inti tubuh seperti bahu, punggung, dada, glutes, paha belakang, dan otot paha depan.

Namun, kebanyakan orang mencatat lebih banyak penekanan pada bahu daripada variasi lainnya.

"Stationary plank biasanya menggunakan kontraksi isometrik, yang berarti otot-otot berada di bawah tekanan tanpa meregangkan atau memanjangkan," terang Hopes.

"Tetapi, commando plank menambahkan gerakan tubuh bagian atas untuk menantang otot lebih jauh."

"Jadi, perpaduan latihan isotonik dan isometrik dapat mengaktifkan beberapa otot untuk menstabilkan tubuh (seperti otot inti), sementara otot lainnya (di lengan) memanjang dan memendek," jelas dia.

Selain itu, Hopes juga mengatakan bahwa commando plank secara teknis merupakan latihan gabungan, yang menargetkan berbagai kelompok otot dan dapat memperbaiki postur tubuh dengan memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang bersama dengan otot-otot inti yang lain.

"Manfaat lain dari commando plank adalah kemampuannya untuk meningkatkan detak jantung kita, yang menjadikannya tambahan yang bagus untuk latihan kardiovaskular berintensitas tinggi," ungkap Hopes.

"Kita bisa mencoba gerakan ini di mana saja tanpa peralatan atau beban apa pun, yang berarti variasi plank ini sangat efisien dan efektif," tambahnya.

Baca juga: Tips Berlatih Plank untuk Dapatkan Hasil Maksimal

Cara melakukan commando plank


Berikut ini cara melakukan commando plank dengan benar:

• Mulailah dengan posisi plank di atas matras dengan siku direntangkan, bahu di atas pergelangan tangan, dan pinggul sejajar dengan bahu.

Halaman:
Sumber TomsGuide


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com