Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Parkir Mal Disulap Jadi Panggung Catwalk di JF3 Fashion Festival 2023

Kompas.com - 22/07/2023, 12:08 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada sentuhan unik dan berbeda dari gelaran JF3 Fashion Festival 2023 di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta.

Bukan cuma desainer kenamaan, muse, dan koleksi busana cantik yang dipamerkan, tapi area parkir mal disulap jadi panggung catwalk megah.

Ya, area parkir MKG 5, Jakarta, menjadi tempat para model berjalan untuk memamerkan berbagai busana rancangan desainer kepada penonton mulai tanggal 21 Juli hingga 26 Juli 2023.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, area parkir gedung yang berada di lantai 3 ini sengaja ditutup untuk menjadi panggung catwalk, ruang VIP, backstage dan jamuan makan malam bagi tamu undangan.

Baca juga: Erina Gudono Tampil dengan Kebaya Modern di JF3 Fashion Festival 2023 

Area parkir mal Kelapa Gading 5 jadi panggung catwalk JF3 Fashion Festival 2023KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Area parkir mal Kelapa Gading 5 jadi panggung catwalk JF3 Fashion Festival 2023

Khusus untuk catwalknya, terdapat dua jalur yaitu P3A sebagai runway utama dan P3 untuk runway lanjutan.

Masing-masing landasannya cukup luas dan panjang, mungkin kalau diukur landasan catwalk-nya mencapai 25 meter lebih untuk masing-masing jalur.

Lantainya bersih, sengaja tidak dicat serta tidak diberi panggung tambahan sehingga para model bisa berjalan tampak natural seperti di area parkir sungguhan.

Masing-masing runway pun punya tingkat kemiringan seperti area parkir gedung.

Di jalur ini, sepertinya para model harus memerhatikan setiap langkah ketika melenggang di runway karena ada sedikit tanjakan dan menurun meski tidak terlalu curam.

Lantainya juga tidak licin dan tidak ada cacat (tidak berlubang). Lantai ini dikemas menyesuaikan runway parade busana agar para model bisa melenggang cantik di sana.

Kemudian barisan kiri dan kanan di jalur parkiran sengaja ditempatkan bangku-bangku berbalut kain hitam yang digunakan bagi para penonton.

Baca juga: Merayakan Brand Lokal Indonesia di JF3 Fashion Village 2023 

Jalur runway JF3 Fashion Festival di area parkir Mal Kelapa Gading, JakartaKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Jalur runway JF3 Fashion Festival di area parkir Mal Kelapa Gading, Jakarta

Secara keseluruhan, area gedung parkir MKG 5 ini didesain apik lengkap dengan videotron yang ditempatkan pada panggung utama yang ada di ujung runway.

Videotron yang ada di bagian ujung dan berukuran lebar itu menampilkan gabungan grafis animasi, efek visual hingga beberapa efek digital lainnya.

Ada pula beberapa videotron kecil yang terpasang di setiap tiang pembatas parkir yang tersebar luas sepanjang jalur runway untuk menambah efek visualisasi dramatis dengan tema yang sudah disiapkan.

Begitu pula sound system yang dirancang bak panggung konser yang megah.

Alunan musik yang diputar serta suara Aditya Herpavi dan Ersa Mayori yang memandu acara selama JF3 Fashion Festival 2023 berlangsung pun tidak pecah dan tetap menggelegar.

Belum lagi soal pencahayaannya, stage dan floor lighting sengaja ditata rapi memanjang di sepanjang runway untuk memberikan tampilan yang estetik selama acara berlangsung.

Pihak penyelenggara JF3 Fashion Festival 2023 juga sepertinya tidak main-main dalam menyulap area parkir mal menjadi panggung catwalk.

Di setiap sisinya terlihat puluhan standing AC yang membuat suhu ruangan tetap sejuk sehingga ratusan penonton yang menyaksikan fashion show tidak akan merasa kegerahan dari awal sampai selesai.

Baca juga: JF3 2023 Kembali Hadir untuk Kebangkitan Industri Mode Tanah Air 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com