Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 05:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah desainer dan jenama Indonesia turut berpartisipasi dalam New York Fashion Week (NYFW), Indonesia Now The Shows Spring Summer 23/24, pada 13 September 2023 mendatang.

Salah satunya ada desainer kenamaan, Didiet Maulana, yang akan mempresentasikan karya-karya dari kain tenun melalui brand lokal gagasannya, Ikat Indonesia by Didiet Maulana.

Dimulai di butik kecil di garasi rumahnya pada tahun 2011 lalu, Ikat Indonesia merupakan bentuk cinta Didiet pada wastra nusantara yang harus dilestarikan, terutama di kalangan generasi muda.

Dari situlah, ia pun terus mengembangkan berbagai macam busana yang menggunakan kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

"Karena dulu itu belum banyak penggunaan media sosial atau internet, maka saya pun melakukan riset soal tenun maupun perajinnya lewat membaca koran dan majalah."

Demikian penuturan Didiet ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/8/2023).

"Nah, setelah membaca dan riset, akhirnya tim Ikat Indonesia melihat kira-kira ada kain tenun apa saja di daerah-daerah Indonesia, dan penenun mana yang bisa diajak kerjasama," terangnya.

Setelah 12 tahun berjalan, Didiet secara perdana membawa Ikat Indonesia ke kancah internasional, yakni di New York Fashion Week 2023.

Ini bukan hal yang mudah. Menurut pria berusia 42 tahun itu, kain tenun kerap dianggap kuno. Namun dengan kerja keras dan konsistensi, ia mampu mengubah tenun menjadi sesuatu yang modern dan membawanya ke jangkauan yang lebih luas.

Baca juga: Didiet Maulana Ungkap Cara Dapatkan Inspirasi Berkarya

Koleksi bertema Wiron

Dalam pagelaran bergengsi itu, Ikat Indonesia by Didiet Maulana melansir karya dengan judul koleksi "Wiron" yang diambil dari kata Wiru, atau dalam bahasa Jawa berarti lipatan-lipatan kecil memanjang bersusun pada kain.

Koleksi ini terdiri dari busana siap pakai untuk wanita, yang mewakili kedinamisan gerak anak muda dan siluet baru yang memancarkan wanita Indonesia yang optimis dan energik.

Tidak hanya menjadi sebuah eksplorasi visual dan busana, koleksi ini juga dibuat untuk mendukung komunitas penenun dan mempromosikan keindahan budaya, serta kain tenun Ikat Indonesia.

"Yang mau ditonjolkan sebenarnya adalah bagaimana wastra Indonesia bisa juga tampilan atau look-nya itu internasional," katanya.

Desainer kenamaan, Didiet Maulana, akan mempresentasikan karya-karya tenun melalui Ikat Indonesia di New York Fashion Week.Indonesia Now Desainer kenamaan, Didiet Maulana, akan mempresentasikan karya-karya tenun melalui Ikat Indonesia di New York Fashion Week.
"Bagi saya, lipatan-lipatan itu unik dan terlihat sangat menyenangkan, cocok untuk tema spring/summer kali ini," jelasnya.

Ada pun koleksi "Wiron" juga terinspirasi dari koleksi Didiet sebelumnya tentang kekayaan budaya Indonesia. Ia menggambarkannya sebagai restropektif.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com