Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 12:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Memelihara tanaman di halaman tidak hanya membuat rumah menjadi lebih asri dan sejuk, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Namun, tak jarang ada beberapa tanaman yang ternyata bisa menjadi tempat bagi tikus untuk berlindung dan berkembang biak, serta sarana masuk ke dalam rumah.

Dilansir dari laman Best Life, para ahli pun membagikan lima daftar tanaman yang bisa mengundang tikus masuk ke rumah sebagai berikut.

1. Tanaman buah

Tanaman buah seperti beri dan lemon yang tumbuh di halaman bisa memberikan aroma yang menyenangkan bagi tikus untuk masuk ke dalam rumah.

"Hewan pengerat menyukai makanan yang manis dan tinggi kandungan airnya seperti blueberry, apel, pir, dan banyak lagi," kata Manajer Umum Trad's Pest Control, Denise Trad Wartan.

Baca juga: Cara Menggunakan Cengkeh untuk Mengusir Tikus

Sementara Nancy Troyano, PhD, ahli entomologi bersertifikat dari Ehrlich Pest Control, mengatakan tikus sangat menyukai stroberi, dan bahkan akan memakannya sebelum matang.

Jika kita memiliki tanaman buah di halaman, pastikan untuk memanen buah yang sudah matang dan memungut buah yang jatuh atau membusuk dari tanah.

Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).

2. Ground cover

Ground cover atau cover crop merupakan tanaman penutup tanah yang tumbuh rendah ke tanah dan mudah menyebar, sehingga berada pada tingkat yang sempurna untuk tikus.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com