Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2024, 09:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Rambut rusak merupakan salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan. Sebab, rambut adalah mahkota baik bagi laki-laki maupun perempuan yang menunjang penampilan.

Kondisi rambut rusak ditandai dengan rambut kering, rapuh, dan rentan patah. DIlansir dari Healthline, para rambut rusak terjadi retakan pada lapisan luar atau kutikula.

Baca juga:

Saat kutikula terbuka, maka rambut berisiko mengalami kerusakan, terlihat kusam atau kusut, dan sulit diatur. Rambut rusak disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain terlalu sering menggunakan produk pewarna rambut, penggunaan alat styling rambut berlebih, dan sering bleaching

Perawatan rambut rusak 

Jika memiliki rambut rusak tidak perlu panik berlebih. Ada sejumlah cara merawat rambut rusak agar kembali sehat sebagai berikut, dilansir dari Medical News Today dan Healthline. 

1. Potong rambut berkala

Jika memiliki rambut rusak, maka disarankan rutin memangkas rambut. Terlebih jika muncul kondisi rambut bercabang, maka sebaiknya dipotong sehingga batang rambut kembali utuh, tidak terbelah. 

Jika ujung rambut bercabang tidak dipangkas, maka akan berlanjut ke batang rambut selanjutnya. Kondisi tersebut justru dapat memperburuk kerusakan rambut. 

2. Memakai kondisioner 

Rutin memakai kondisioner juga dapat membantu merawat rambut rusak agar sehat kembali. Produk kondisioner pada umumnya mengandung zat pelumas dan antistatis.

Kedua kandungan tersebut dapat melumasi kutikula rambut dan membantu mencegah rambut menyerap terlalu banyak air.

Kamu juga bisa memilih kondisioner tanpa bilang atau deep conditioning. Perawatan menggunakan deep conditioning dapat membantu menghaluskan dan menutup kutikula rambut sehingga menjaga kelembapannya.

3. Oleskan minyak 

Sejumlah minyak sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Meliputi, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak jagung. 

Semua minyak tresebut, kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga dapat  melembapkan lapisan luar rambut atau kutikula. Caranya, oleskan dan pijat lembut minyak tersebut ke rambut selama beberapa menit. Tutupi rambut dengan handuk hangat.

Diamkan selama 30−45 menit atau semalaman. Setelah itu, keramas dan bilas rambut hingga bersih. Kandungan dalam minyak tersebut diyakini dapat memperkuat rambut rusak. 

Baca juga:

4. Oleskan masker alami 

Selain minyak, ada sejumlah bahan-bahan alami yang dapat menyehatkan rambut rusak. 

Misalnya, campuran telur dan mayones yang mengandung banyak protein, masker campuran yogurt dan minyak, serta masker pasta alpukat yang kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral. 

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami dari pisang. Buah yang satu ini tinggi potasium dan kadar air yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com