Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Zumba Setiap Hari, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 27/03/2024, 05:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Olahraga zumba cukup berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, sejak pandemi Covid-19, orang-orang mulai mengikuti kelas zumba yang diadakan secara online.

Selain menyehatkan, zumba juga menjadi pilihan karena menawarkan latihan yang menyenangkan dengan gerakan-gerakan tarian yang terinspirasi dari berbagai gaya tarian Amerika Latin dan diiringi musik.

Baca juga:

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti latihan zumba setiap hari. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasannya seperti dikutip dari laman Healthline pada Selasa (26/3/2024).

Manfaat zumba setiap hari

1. Latihan untuk seluruh tubuh

Dirancang sebagai kombinasi salsa dan aerobik, tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukan Zumba.

Selama kita bergerak mengikuti irama musik, maka kita sudah berpartisipasi dalam latihan ini.

Selain itu, karena Zumba melibatkan gerakan seluruh tubuh, yakni mulai dari lengan, bahu, hingga kaki, kita akan mendapatkan latihan seluruh tubuh yang tidak terasa seperti berolahraga.

2. Membakar kalori dan lemak

Sebuah studi kecil tahun 2012 menemukan, kelas zumba standar selama 39 menit dapat membakar rata-rata 9,5 kalori per menit. Jumlahnya mencapai 369 kalori secara total selama kelas berlangsung.

American Council on Exercise merekomendasikan agar setiap orang membakar 300 kalori per latihan untuk meningkatkan penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Baca juga: Zumba 30 Menit Membakar Berapa Kalori?

Bukti juga menunjukkan bahwa program zumba selama 12 minggu dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam kebugaran aerobik.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena musik yang dimainkan selama kelas zumba relatif cepat, bergerak mengikuti irama dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh setelah beberapa kali latihan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa setelah 12 minggu mengikuti program zumba, para peserta menunjukkan penurunan detak jantung dan tekanan darah sistolik dengan peningkatan kerja.

Ilustrasi sekelompok orang yang sedang melakukan gerakan zumbaFreepik.com Ilustrasi sekelompok orang yang sedang melakukan gerakan zumba

4. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Menurut Journal of Sports Science and Medicine, individu yang ingin meningkatkan kesehatan kardiovaskular harus berolahraga antara:

  • 64 dan 94 persen dari HRmax mereka, sebuah ukuran
    detak jantung maksimum seorang atlet.
  • 40 hingga 85 persen dari VO2 max, ukuran dari volume maksimum oksigen yang dapat digunakan seorang atlet.

Baca juga: Gara-gara Zumba, Asri Welas Akui Jadi Banyak Dapat Job Main Film Aksi

Menurut studi lain yang sama, semua peserta sesi zumba berada dalam panduan HRmax dan VO2 max ini. Mereka berolahraga dengan rata-rata 79 persen HRmax dan 66 persen VO2 max.

Hal ini membuat zumba menjadi latihan yang efisien dalam meningkatkan kapasitas aerobik, ukuran kesehatan kardiovaskular.

5. Memperbaiki tekanan darah

Sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan sekelompok perempuan obesitas menemukan bahwa setelah mengikuti program kebugaran zumba selama 12 minggu, para partisipan mengalami penurunan tekanan darah dan menjaga berat badan di angka yang sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com