Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2024, 19:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Zumba merupakan salah satu olahraga berupa senam aerobik yang memadukan gerakan kardio dan beberapa tari yang terinspirasi dari tarian Latin. 

Zumba terbilang sebagai olahraga yang menyenangkan karena diiringi dengan lagu-lagu populer, sehingga dapat menambah semangat. 

Baca juga:

Menariknya, aktivitas fisik ini ternyata dapat membakar kalori, lho. Bahkan, latihan singkat zumba selama 30 menit dapat membakar kalori secara signifikan. 

Penasaran, zumba 30 menit membakar berapa kalori? Simak ulasannya berikut. 

Zumba 30 menit membakar berapa kalori

Ilustrasi olahraga, senam zumba, aerobik.Shutterstock Ilustrasi olahraga, senam zumba, aerobik.

Melansir dari Healthline, zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 300 hingga 900 kalori selama satu jam. Itu berarti, zumba 30 menit dapat membakar antara 150 hingga 450 kalori. 

Sumber lainnya juga mengungkapkan angka yang tidak jauh berbeda. Melansir dari Byrdie, zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 400 hingga 600 kalori selama satu sesi atau sekitar satu jam. 

Instruktur Yoga, Kiara Horwitz, mengatakan, selain membakar kalori, olahraga yang satu ini dapat mengencangkan tubuh.

“Zumba adalah cara yang bagus untuk bergerak dan menari. Gerakan zumba menargetkan banyak kelompok otot yang berbeda sekaligus untuk mengencangkan tubuh secara total,” ujar Horwitz dilansir dari Byrdie.

Sebuah studi pada 2012 terhadap 19 peserta zumba perempuan berusia 18 hingga 22 tahun mengungkapkan, mereka berhasil membakar rata-rata 9,5 kalori per menit, dikutip dari Healthline

Kelas zumba tersebut berlangsung selama 40 menit, sehingga total kalori yang dibakar selama sesi itu mencapai rata-rata 369 kalori. Jumlah kalori yang berhasil dibakar itu, lebih banyak dibandingkan olahraga lain, seperti kickboxing, aerobik, atau power yoga dengan durasi yang sama. 

Tidak jauh berbeda, dikutip dari Style Craze, satu sesi selama satu jam dapat membantu membakar sekitar 300 hingga 900 kalori. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com