Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Kalori yang Dibakar dengan Berjalan Kaki?

Kompas.com - 11/12/2023, 20:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang mudah, menyenangkan, dan bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

Berjalan kaki dapat dilakukan di luar ruangan, di dalam ruangan, atau di atas treadmill untuk membakar kalori yang lebih banyak.

Ada pun jumlah rata-rata kalori yang dibakar seseorang saat berjalan kaki bervariasi, tergantung pada berbagai faktor seperti berat badan, kecepatan berjalan, hingga jarak.

Sebagai contoh, orang dengan berat badan 63 kg akan membakar 64 kalori per km saat berjalan dengan kecepatan moderat 4,5 km per jam (mph), sementara orang dengan berat badan 90 kg akan membakar 87 kalori saat berjalan dengan jarak dan kecepatan yang sama.

Selain itu, usia dan jenis medan yang dilalui seseorang (misalnya, trotoar yang datar atau bukit) juga dapat memengaruhi jumlah total kalori yang dibakar.

Baca juga: 6 Aktivitas Rumah Tangga yang Bantu Membakar Kalori

Bagaimana kecepatan, berat badan, dan jarak berpengaruh?

Kecepatan, jarak, dan berat badan menentukan berapa banyak kalori yang kita bakar selama berjalan kaki.

The Compendium of Physical Activity, sumber yang digunakan banyak peneliti untuk memperkirakan dan mengklasifikasikan biaya energi dari aktivitas fisik manusia, mencantumkan berbagai kecepatan berjalan yang dapat digunakan untuk menghitung pembakaran kalori secara keseluruhan.

Berdasarkan klasifikasi berjalan kaki dari Compendium of Physical Activity, orang dengan berat badan 77 kg akan membakar sekitar 80 kalori dengan berjalan kaki sejauh 1,6 km dengan kecepatan lambat (2,0 mph).

Lalu, membakar 74 kalori dengan berjalan kaki sejauh 1,6 km dengan kecepatan sedang (2,8 mph).

Kemudian membakar 83 kalori dengan berjalan kaki sejauh 1,6 km dengan kecepatan cepat (3,5 mph), atau 91 kalori dengan berjalan kaki sejauh 1,6 km dengan kecepatan yang sangat cepat (4 mph).

Kecepatan dan jarak dapat disesuaikan dari waktu ke waktu tergantung pada tujuan gerakan kita.

Misalnya, jika kita baru mengenal jalan kaki untuk aktivitas fisik dan memiliki tujuan untuk maju ke tingkat jalan cepat, kita disarankan untuk memulai dengan lambat dan secara bertahap meningkatkan jumlah langkah dan kecepatan dari waktu ke waktu.

Baca juga: 8 Cara Unik Membakar Kalori

Cara melacak kalori yang terbakar saat berjalan kaki

Untuk melacak kalori yang dibakar saat berjalan kaki, ada beberapa alat pelacakan yang dapat kita pakai atau gunakan.

Ponsel kita mungkin juga memiliki pelacak langkah bawaan yang melacak jarak dan kalori yang terbakar, yang dapat terhubung ke pelacak kebugaran.

Pilihan lainnya adalah pedometer elektronik, yang merupakan pelacak gerakan portabel yang melacak langkah kita saat berjalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com