Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2024, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Istilah clean eating mulai populer pada beberapa tahun terakhir karena dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Clean eating tidak memiliki definisi resmi yang diatur oleh insititusi kesehatan baik di Indonesia maupun secara internasional. Jadi, interpretasi istilah clean eating sangat bervariasi, dikutip dari The Nutrition Source Harvard University.

Baca juga: Apa Itu Clean Eating?  

Secara umum, clean eating mengacu pada mengonsumsi makanan yang dekat dengan bentuk alaminya dan tidak mengalami proses berlebihan. Clean eating juga dilakukan dengan menghindari makanan buatan atau sintetis seperti makanan yang dikemas dengan lemak, gula, natrium, bahan kimia, pengawet, pewarna makanan, dan bahan tambahan lainnya.

Dengan demikian, tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari beragan kandungan nutrisi dari makanan. Pola clean eating juga bisa menjaga berat badan,membangun sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, dan banyak manfaat lainnya.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja contoh makanan clean eating? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Eating Well. 

Baca juga: Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan Setelah Usia 50 Tahun

Sayuran segar 

Ilustrasi salad sayuran, pilihan makanan clean eatingshutterstock/DUSAN ZIDAR. Ilustrasi salad sayuran, pilihan makanan clean eating

Sayuran segar merupakan sumber utama dalam pola makan clean eating. Sayuran segar kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam kondisi mentah maupun dimasak tanpa proses berlebihan. Hindari tambahan garam dan gula berlebih saat mengonsumsi sayuran guna mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran. 

Ada banyak cara untuk mengonsumsi sayuran. Utamakan mengolah sayuran segar menjadi salad, bisa dicampur dengan buah buahan segar seperti alpukat. 

Buah-buahan utuh 

Ilustrasi buah-buahan segar, pilihan makanan clean eatingShutterstock/My Ocean Production Ilustrasi buah-buahan segar, pilihan makanan clean eating

Selain sayuran, buah-buahan merupakan pilihan menu clean eating selanjutnya. Buah segar dan utuh kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Beberapa orang mengkhawatirkan kandungan gula dalam buah, namun tenang saja karena gula tersebut bersifat alami. 

Selain dalam bentuk utuh, kamu bisa mengonsumsi jus buah 100 persen asli, tanpa tambahan pemanis buatan. Namun, karena jus buah tidak mengandung 100 persen serat, maka batasi konsumsinya. 

Baca juga: 3 Kunci Hidup Sehat Maria Selena, Olahraga hingga Jaga Pola Makan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com