Sering Berpikiran Negatif? Cobalah Pelihara Hewan - Kompas.com

Sering Berpikiran Negatif? Cobalah Pelihara Hewan

Kompas.com - 28/01/2018, 20:00 WIB
Soft cuddly tabby cat lying in its owners lap enjoying and purring while the owner is reading a book. Focus on the cat; warm, cozy, domestic atmospherevladans Soft cuddly tabby cat lying in its owners lap enjoying and purring while the owner is reading a book. Focus on the cat; warm, cozy, domestic atmosphere

KOMPAS.com - Banyak orang mengira punya hewan peliharaan hanya membuat repot saja. Apalagi untuk kaum urban yang aktivitasnya padat. Namun, riset membuktikan bahwa memelihara hewan ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi stres dan rasa kesepian.

Agar niat kamu memelihara hewan semakin kuat, ketahui dulu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika memiliki hewan kesayangan di rumah.

1. Mengurangi pikiran negatif

Menganggap hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarga dapat membantu kita mengatasi penolakan sosial. Hasil penelitian membuktikan hal tersebut. Responden yang memperlakukan hewan kesayangan mereka dengan baik cenderung memiliki empati dan pemikiran positif.

Baca :Cara Sederhana Menyingkirkan Kebiasaan Berpikir Negatif

2. Menghilangkan kesepian

Banyak riset yang membuktikan bahwa kesepian bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, Alzheimer, dan risiko kesehatan lainya. Bahaya dari kesepian ini bisa dicegah jika kita memelihara hewan karena menawarkan interaksi sosial saat orang lain tidak ada, terutama bagi mereka yang tinggal seorang diri.

Baca :Dunia Menghadapi Epidemi Kesepian

3. Melawan stres

Riset dari Swedia menemukan bahwa perempuan memiliki kadar hormon kortisol stres yang lebih rendah 15 sampai 30 menit setelah memelihara anjing. Itu berarti perasaan mereka juga lebih rileks. Manfaat ini tidak akan dialami oleh mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Sejumlah pengunjung membawa hewan peliharaannya saat acara Indo Pets Expo 2017  di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong , Tangerang, Minggu (10/09/2017). Acara yang berlangsung selama 3 hari ini mengusung tema Promoting Responsible Care for Your Pets Welfare, berbagai macam hewan peliharaan dan perlengkapannya dijual di acara ini.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah pengunjung membawa hewan peliharaannya saat acara Indo Pets Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong , Tangerang, Minggu (10/09/2017). Acara yang berlangsung selama 3 hari ini mengusung tema Promoting Responsible Care for Your Pets Welfare, berbagai macam hewan peliharaan dan perlengkapannya dijual di acara ini.

4. Melindungi jantung

Riset dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology melaporkan bahwa memiliki kucing dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.  Menurut para periset, kucing mampu memberi perasaan rileks saat seseorang mengalami stres atau pemilik kucing mungkin cenderung memiliki sifat yang membuat mereka tidak mudah terserang stres.

Baca :7 Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

5. Membantu otak tetap tajam

Penelitian yang diterbitkan dalam Anthrozoös menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki kucing atau anjing memiliki fungsi otak yang lebih baik - seperti kemampuan mengingat hal detal dan pengambilan keputusan - daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

6. Mendorong untuk lebih rajin berolahraga

Hewan peliharaan juga butuh diajak jalan-jalan. Nah, kegiatan ini juga bagus untuk kesehatanmu karena berdampak sama seperti olahraga.

Baca :Kepribadian Ternyata Menentukan Jenis Olahraga

7. Mengurangi rasa sakit

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan teryata dapat mencegah kita dari sakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoös menemukan bahwa orang dewasa yang menghabiskan 5 sampai 15 menit dengan anjing setelah operasi butuh lebih sedikit obat penghilang nyeri daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

8. Menghilangkan alergi pada anak

Riset dari Clinical & Experimental Allergy mengatakan bahwa bayi dengan hewan peliharaan di rumah cenderung terbebas alergi di kemudian hari.

9. Membuat gula darah anak tetap terjaga

Menurut sebuah riset dalam jurnal PLoS ONE, anak berusia 9 sampai 19 tahun yang membantu merawat hewan peliharaan memiliki risiko diabetes tipe 1 yang lebih kecil daripada mereka yang tidak memelihara binatang.

Berdasarkan riset tersebut, anak-anak yang secara aktif merawat hewan peliharaan 2,5 kali lebih mungkin untuk menjaga kadar gula darah mereka agar tetap sehat. Periset mengatakan bahwa anak-anak yang bertanggung jawab atas hewan peliharaan mungkin merasa lebih bertanggung jawab dan lebih terbiasa dengan rutinitas.

Baca :Mencegah Supaya Tekanan Darah Naik Tidak Jadi Hipertensi


EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X