Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lisensi Miss Universe Indonesia Tak Lagi Dimiliki Poppy Capella

Kompas.com - 14/08/2023, 07:07 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Lisensi Miss Universe Indonesia tak lagi dimiliki oleh Poppy Capella lewat perusahaannya PT Capella Swastika Karya.

Lewat akun Instagram resminya, Miss Universe Organization, penyelenggara beauty pageant global ini, menyampaikan hal ini kepada publik.

Hal ini tak lain akibat kisruh dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh sejumlah finalis yang kini sedang dalam proses kepolisian.

Baca juga: Profil dan Biodata Poppy Capella

"In light of what we have learned took place at Miss Universe Indonesia, it has become clear that this franchise has not lived up to our brand standards, ethics, or expectations as outlined in our franchise handbook and code of conduct,” demikian tertulis di Instagram story akun tersebut.

Lisensi Miss Universe Indonesia kini tak lagi dipegang Poppy CapellaRepro bidik layar via Instagram Lisensi Miss Universe Indonesia kini tak lagi dipegang Poppy Capella

Gelaran Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 dinilai tidak memenuhi standar mereka, etika, dan ekspektasi sekaligus menyalahi kode etik yang ditetapkan.

Baca juga: Skandal Miss Universe Indonesia: Masalah Lisensi, Dugaan Suap, dan Pelecehan Seksual

Miss Universe Organization menyatakan prioritasnya untuk menghadirkan ruang aman bagi para perempuan yang menjadi pesertanya.

Kasus yang kini ramai di media sosial dianggap menyalahi semangat sekaligus merusak identitas ajang ini.

Berdasarkan pengalaman ini pula, organisasi ini menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap perjanjian kerja terkait kontes kecantikan tersebut.

Selain itu, dijanjikan tidak akan ada lagi syarat akan berat badan, tinggi dan dimensi tubuh tertentu bagi para peserta Miss Universe, di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Apa Perlunya Body Checking di Miss Universe Indonesia? Ini Alasannya

Berakhirnya hubungan kerja dengan PT Capella Swastika Karya ini juga berdampak pada batalnya gelaran Miss Universe Malaysia 2023.

Pasalnya, perusahaan milik pedangdut itu juga memiliki lisensi yang serupa di negara serumpun ini.

Akan tetapi, Fabienne Nicole selaku pemenang Miss Universe Indonesia 2023 masih tetap bisa maju ke Miss Universe yang akan digelar di El Savador pada November mendatang.

Baca juga: Sosok Fabienne Nicole, Miss Universe Indonesia 2023, Ternyata Putri Seorang Direktur

Profil dan biodata penyanyi Poppy Capella.Instagram @poppycapella_ Profil dan biodata penyanyi Poppy Capella.
Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi apa pun dari Poppy Capella soal batalnya kerja sama ini.

Lewat akun Instagram @missuniverse_id, ia hanya memberikan bantahan resmi soal berbagai pemberitaan yang disebutnya menyudutkan MUID.

Selaku national director, ia mengaku tidak terlibat dan mengizinkan adanya kekerasan seksual lewat body checking, seperti yang ramai diberitakan.

Baca juga: Sejarah Miss Universe, Berawal dari Penolakan Pakai Baju Renang

Menurutnya, pemberitaan yang berkembang menciptakan persepsi yang menyesatkan sekaligus menekan dirinya dan kontes kecantikan yang dipimpinnya itu.

"Sangat jelas pemberitaan yang ada dibuat sedemikian rupa dan terstruktur dengan maksuk menekan Saya dan menciptakan image negatif tentang Miss Universe Indonesia," tulisnya.

Miss Universe 2023 menjadi gelaran perdana kontes kecantikan ini dipegang oleh Poppy Capella.

Sebelumnya, lisensi tersebut dimiliki oleh Yayasan Puteri Indonesia yang kerap mengirimkan juaranya ke ajang internasional tersebut.

Baca juga: Kronologi Lisensi Miss Universe yang Tak Lagi Dipegang Yayasan Puteri Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com