Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan Ringan Penurun Kolesterol yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 15/08/2023, 19:18 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Mengupayakan menjaga kadar kolesterol dalam batas aman adalah kewajiban yang tak bisa diabaikan. Sebab, tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan potensi penyakit kardiovaskular seperti gangguan jantung dan risiko stroke.

Jika memiliki kadar kolesterol tinggi, American Heart Association (AHA) menyarankan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari sumber seperti daging dan produk susu hingga 6 persen atau kurang dari total kalori harian.

Dalam konteks ini, sekitar 11-13 gram lemak jenuh per hari akan menjadi patokan jika konsumsi harian kita berada sekitar 2.000 kalori.

Mengontrol kadar kolesterol agar tetap terjaga dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan kita, seperti memilih camilan rendah lemak jenuh, mengonsumsi makanan tinggi serat, sayuran dan buah-buahan, serta memperkaya asupan Omega-3.

Selain itu, menghindari makanan yang tinggi garam dan mengurangi konsumsi alkohol juga menjadi langkah penting dalam menjaga keseimbangan kolesterol.

Meski begitu, sering kali memilih camilan yang sehat bisa menjadi tantangan, ketika makanan olahan seperti biskuit, keripik, dan permen terasa lebih mudah diperoleh.

Untuk itu, berikut beberapa menu makanan ringan yang bisa dicoba untuk menjaga kolesterol kita tetap stabil.

Baca juga: Jaga Kadar Kolesterol, Perhatikan Kebiasaan Makan Kita

Alpukat dan roti panggang gandum

Alpukat dan roti panggang gandumHaelthline Alpukat dan roti panggang gandum

Alpukat dikenal sebagai sumber lemak tak jenuh yang melimpah, terbukti secara positif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (yang umumnya dianggap "jahat").

Tidak hanya itu, separuh buah alpukat mengandung sekitar 5 gram serat yang baik untuk kesehatan. Kombinasikan alpukat dengan roti panggang gandum dan tambahkan satu sendok makan hummus untuk tambahan serat yang lebih melimpah.

Membuat camilan roti panggang dengan alpukat ini sangat mudah, cukup panggang satu irisan roti gandum dan tambahkan irisan tipis 1/4 buah alpukat serta satu sendok makan hummus. Untuk memberikan sentuhan rasa ekstra, berikan sedikit perasan air lemon dan bumbu segar sesuai selera.

Camilan ini mengandung:

  • Kalori: 170
  • Lemak total: 9 gram
  • Lemak jenuh: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 19 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 5 gram
  • Kolesterol: 0 mg

Tuna nori wrap

Tuna nori wrapHealthline Tuna nori wrap

Tuna dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3, jenis lemak tak jenuh yang terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol.

Kita bisa membuat hidangan tuna salad yang siap saji dengan menggunakan tuna kalengan dan mencampurnya dengan bahan-bahan favorit, seperti mayones, bawang bombay, wortel, dan seledri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com