Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 6 Minuman Selama Diet, Punya Efek Antipenuaan

Kompas.com - 21/08/2023, 18:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain makanan, minuman juga berperan penting dalam diet sehari-hari untuk membantu menghilangkan lemak perut sekaligus memperlambat penuaan.

Terlebih, beberapa minuman diet dapat membuat kita tetap terhidrasi, mengandung sedikit gula dan rendah kalori, serta mengandung nutrisi maupun antioksidan.

Nah, untuk memastikan kita dapat menjaga tubuh tetap langsing sekaligus awet muda, berikut daftar minuman yang bisa ditambahkan dalam rutinitas diet sehat, seperti dikutip dari laman Eat This Not That.

Baca juga: 7 Cara Membakar Lebih Banyak Lemak Perut dengan Berjalan Kaki

1. Air klorofil
Air klorofil mengandung bahan aktif yang memiliki kemampuan untuk membakar lemak perut dan membuat kita terlihat awet muda.

Menurut seorang ahli gizi di Balance One, Trista Best, RD, air klorofil adalah cara mudah untuk detoksifikasi, meningkatkan kesehatan kulit, dan menyediakan antioksidan dalam jumlah yang signifikan bagi tubuh.

"Antioksidan yang ditemukan dalam klorofil bekerja di dalam tubuh untuk membuang dan mengurangi racun, serta kerusakan akibat radikal bebas," ungkap Best.

"Ketika kerusakan ini dibiarkan terjadi, salah satu masalah kesehatan yang ditimbulkan adalah penuaan kulit, bersama dengan banyak efek samping lain yang lebih serius."

"Karena air klorofil mengandung senyawa anti-inflamasi alami, maka minuman ini bisa mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput," jelasnya.

Menariknya, sebuah penelitian juga menemukan penggunaan klorofil secara topikal diketahui dapat mengurangi photoaging pada kulit, atau dikenal sebagai kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Sementara air klorofil penuh dengan antioksidan, bahan yang sama dengan namanya membawa pencernaan dan pembakaran lemak ke tingkat berikutnya.

"Klorofil meningkatkan kualitas sel darah merah, sehingga memungkinkannya membawa lebih banyak oksigen," terang Best.

"Semakin banyak jumlah oksigen yang beredar di dalam tubuh berarti semakin banyak pula nutrisi dan energi yang mengalir."

"Penyerapan nutrisi yang lebih baik dan peningkatan energi dapat mendorong penurunan berat badan dengan memungkinkan kita melakukan lebih banyak aktivitas fisik," lanjutnya.

Baca juga: Minum Air Klorofil, Tren Skincare yang Klaim Bisa Hilangkan Jerawat

Ilustrasi minum air putih.Freepik Ilustrasi minum air putih.

2. Kombucha
Sebotol kombucha sudah teruji dapat memperlambat penuaan dan membakar beberapa kalori dalam tubuh.

"Rahasia kombucha adalah fermentasi, proses alami yang menghasilkan probiotik, bakteri baik yang membantu menjaga mikrobioma usus agar tetap bekerja dengan baik," kata ahli gizi Hayley Miller. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com