Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mindfulness Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

Kompas.com - 25/08/2023, 10:05 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peliknya dinamika kehidupan telah membuat banyak orang mencari berbagai upaya demi memiliki kebahagiaan dalam hidup.

Salah satu caranya kita dapat mencoba praktik mindfulness yang belakangan ini mungkin sudah familiar kita dengar.

Praktik mindfulness dapat diartikan sebagai pendekatan meditatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atau perhatian penuh pada pengalaman saat ini.

Metode ini melibatkan menjaga perhatian dengan terbuka pada apa pun yang terjadi saat ini, membawa sikap penerimaan, keterbukaan, baik secara internal atau eksternal.

Baca juga: 7 Hal Utama di Pagi Hari dalam Praktik Mindfulness 

Alasan mindfulness bikin hidup lebih bahagia

Ilustrasi cara sederhana melatih mindfulness.iStockPhoto/pixdeluxe Ilustrasi cara sederhana melatih mindfulness.

Sejumlah penelitian menunjukkan pendekatan mindfulness pada kehidupan sehari-hari dapat menunjang kehidupan yang lebih bahagia.

Mindfulness telah terbukti meningkatkan kesejahteraan psikologis dan sosial serta kesehatan fisik yang mengarah pada tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi, lebih banyak emosi positif dan lebih sedikit emosi negatif.

Dalam menerapkan praktik mindfulness, keterlibatannya dilakukan dengan melatih kesadaran serta memperlambat berbagai aspek dalam kehidupan.

Salah satu contohnya, kita dapat memulai untuk memerhatikan apa yang tubuh ini rasakan, mulai dari napas, otot, suhu tubuh, pikiran, emosi hingga panca indra ketika melakukan sesuatu.

Kemudian nikmati apa yang terjadi di sekitar kita, seperti pada saat memperhatikan pepohonan atau bunga, menikmati hangatnya sinar matahari pagi di kulit.

Apa yang kita alami dan terjadi saat ini hanya perlu disadari tanpa penghakiman untuk sekadar mengamati dan memperhatikan sejumlah perubahan.

Dengan demikian, kita akan merasa lebih merasa bahagia karena mindfulness membantu kita memperhatikan lebih banyak hal membahagiakan yang terjadi di sekitar kita.

Di sisi lain, memerhatikan setiap perasaan yang muncul dapat membuat kita lebih menyadari akan perasaan dan sensasi tersebut.

Pada gilirannya, hal itu bisa membuat kita melepaskan ketegangan, lebih menerima kenyataan dan membantu kita lebih bahagia.

Baca juga: Buat Orangtua, Ini Tips Praktik Mindfulness untuk Merawat Diri 

Mindfulness dalam meningkatkan kesehatan mental

Mengadopsi pendekatan mindfulness juga dapat mendukung lebih banyak sikap yang berkontribusi pada kehidupan yang lebih memuaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com