Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif Journey, Pameran Seni Bertema Edukasi Pernikahan dan Kehamilan

Kompas.com - 29/08/2023, 04:28 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rencana kehamilan yang matang penting untuk diperhatikan pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan.

Semuanya bertujuan agar buah hati terhindar dari stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurut hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan, angka stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di tahun 2021 menjadi 21,6 persen di 2022.

Dengan target 14 persen di tahun 2024, semua pihak termasuk Sensitif turut berkomitmen untuk membantu pemerintah menekan angka stunting tersebut.

Salah satu caranya dengan menggelar pameran seni yang unik dan juga menarik berupa Positif Journey.

Dibangun pada area seluas 1194,32 meter persegi di Mall of Indonesia, Positif Journey, berkolaborasi dengan Haluu World, menyuguhkan pengalaman seru menyusuri perencanaan kehidupan pernikahan yang bahagia dan sehat.

Para pengunjung diajak untuk merasakan momen-momen penting mulai dari momen pernikahan, perencanaan keluarga hingga pada akhirnya memiliki buah hati sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat.

“Melalui pameran seni, kami ingin mengajak para pasangan muda untuk mempersiapkan proses kehamilan yang sehat bagi ibu dan anak."

"Karena kami yakin konsep ini dapat membantu siapa pun yang tengah merencanakan pernikahan, membayangkan dan merasakan momen-momen bahagia saat menjalani kehidupan rumah tangga," jelas Yoevan Wiraatmaja selaku CEO PT Danpac Pharma dalam keterangannya.

Baca juga: Sebelum ke Pameran Seni, Pahami Dulu Etikanya

Pameran seni bertema pernikahan dan kehamilan

Di pameran seni ini terdapat 11 ruangan instalasi yang berbeda-beda.

Para pengunjung memulai perjalanan dengan memasuki ruangan Tunnel di mana mereka dapat merasakan suasana pernikahan dengan melewati terowongan yang Instagrammable dengan sedikit sentuhan dekorasi bunga layaknya pernikahan sungguhan.

Di akhir Tunnel, para pecinta seni akan menemui instalasi Just Married di mana ada instalasi yang paling viral, ‘bed of roses’ dengan teks ‘Just Married’.

Di sini, pengunjung dapat menikmati instalasi lampu yang bergantian gelap dan terang. Saat kondisi gelap, akan muncul kalimat-kalimat seputar pertanyaan umum netizen untuk pasangan suami-istri.

Setelah itu, pengunjung juga dapat melanjutkan perjalanan ke ruangan lainnya yang lebih seru lagi seperti Family Planning, Fertile Period disertai penjelasan mengenai cara menghitung masa subur, Ovarium Ready, Insemination, Pregnancy, Give Birth hingga mengakhiri perjalanan di ruang Menstruation.

Pameran seni bertema edukasi kehamilan dan pernikahanInstagram / @haluu.world Pameran seni bertema edukasi kehamilan dan pernikahan

Khusus di ruang Insemination, pengunjung akan diibaratkan sebagai sperma yang sedang berlomba-lomba menuju sel telur yang siap dibuahi.

Ada pula area yang terinspirasi dari game Pacman, yang dipenuhi rintangan-rintangan mencapai sel telur. Pada ruang ini, rintangan yang akan dihadirkan berupa giant ball yang mana pengunjung harus berusaha menuju sel telur.

Pameran seni bertema edukasi kehamilan dan pernikahan ini dibuka mulai tanggal 25 Agustus 2023 hingga 24 September 2023 di Mall of Indonesia, Jakarta. Menariknya lagi, siapa pun bisa datang dan berfoto-foto tanpa dipungut biaya alias gratis.

Baca juga: Perjalanan 40 Tahun Police, Rangkul Konsep Baru hingga Instalasi Seni 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com