Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Tanpa Menimbulkan Bau Amis

Kompas.com - 02/09/2023, 13:51 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika membicarakan tentang protein sehat, ikan akan menjadi bahan yang cocok karena karakteristiknya yang serbaguna, lezat, serta kaya minyak omega 3.

Cara menyimpannya pun tidak sulit. Hanya butuh memasukkannya ke dalam lemari pendingin dan mengeluarkannya ketika akan digunakan nanti.

Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan daily shopping atau belanja harian sehingga terpaksa membeli ikan jauh-jauh hari dan menyimpannya di lemari pendingin sebelum dimasak.

Jika sudah seperti itu, penting untuk mengetahui cara paling tepat dalam menyimpan ikan di lemari pendingin ataupun freezer seperti yang akan dipaparkan berikut.

Cara menyimpan ikan di lemari pendingin

Mungkin kamu sudah tahu, cara menyimpan ikan di lemari pendingin memang sederhana. Tapi step pertama yang harus kamu perhatikan adalah di saat kamu pergi ke pasar untuk membeli ikan.

John Burrows, direktur teknis makanan laut di Alaska Seafood Marketing Institute di Juneau, mengatakan, “Jika kamu berencana membeli ikan, bawalah tas belanjaan yang lebih dingin, tas thermal, atau minta ikannya dikemas dalam es sehingga kamu tetap bisa menyimpan ikan pada suhu dingin dalam perjalanan dari pasar menuju rumah.”

Kemudian Gill Boyd, chef-instruktur di Institut Pendidikan Kuliner, mengarahkan untuk meletakkan ikan di dalam lemari pendingin dengan es diatasnya sehingga ikan bisa tetap dingin tanpa dibekukan. Kamu bisa menggunakan wajan datar (flat pan), ice pack, ataupun saringan dengan mangkuk di bawahnya.

Baca juga: Tips Menyimpan Ikan, Daging, dan Sayur agar Awet dan Tetap Segar

Mencegah bau amis

Jika kamu pikir bau amis akan menyebar di dalam lemari pendingin, jangan khawatir! Direktur Tim Program Sistem dan Keamanan Penyuluhan Pangan Clemson, Kimberly Baker, Ph.D., RD, LD, mengatakan bahwa ikan segar baunya tidak akan menyengat.

Namun jika kamu tetap ingin meminimalizir penyebaran baunya, kamu bisa gunakan kertas daging atau wadah plastik penutup.

Perlu diingat, penting untuk memisahkan ikan mentah dari makanan lain karena ikan mentah mungkin mengandung patogen penyebab penyakit yang dapat berpindah ke makanan tersebut.

Dan jika didinginkan dengan benar, ikan mentah akan bisa digunakan dalam satu atau dua hari, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Ilustrasi menyimpan daging ikan salmon di kulkas. SHUTTERSTOCK/ANDREI ARMIAGOV Ilustrasi menyimpan daging ikan salmon di kulkas.

Bisakah menyimpan ikan di dalam freezer?

Baik ikan yang dibeli di konter makanan laut atau di bagian pendingin, Burrows tetap tidak menyarankan untuk membekukannya di rumah karena dapat berdampak negatif pada rasa dan tekstur makanan setelah dimasak nantinya, meskipun akan tetap aman untuk dimakan.

Jika kamu benar-benar ingin atau harus membekukan ikan, lakukan dengan menggunakan pengemasan vakum yang mengeluarkan udara sebelum paket disegel, kantong zip-close untuk lemari pembeku, atau juga bungkus plastik (plastic wrap) yang rapat.

Lakukan pembungkusan ganda untuk menghilangkan udara sebanyak mungkin jika kamu memilih untuk menggunakan bungkus plastik. Selain itu, Burrows juga mengatakan agar freezer-mu berada pada pengaturan suhu terdingin.

Umur simpan ikan yang dibeli dan dibekukan tergantung pada banyak faktor termasuk suhu penyimpanan, fluktuasi suhu, metode pengemasan, bahan pengemasan, kadar air dan lemak ikan, serta kondisi ikan pada saat pembekuan. Tetapi secara umum, sebaiknya ikan yang sudah dibekukan dikonsumsi dalam waktu tiga hingga delapan bulan setelah pembelian dan pembekuan.

Baca juga: Cara Menyimpan Ikan di Kulkas agar Awet

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com