Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mudah untuk Melatih Mindfulness di Segala Usia

Kompas.com - 05/09/2023, 10:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mindfulness merupakan teknik atau praktik meditasi yang dapat membantu kita berfokus pada masa sekarang dan mengatasi stres.

Pada dasarnya, mempraktikkan mindfulness adalah tentang bagaimana kita benar-benar memusatkan perhatian dan tidak membiarkan pikiran teralihkan oleh gangguan apa pun.

"Kelihatannya cukup sederhana. Tapi pikiran manusia sering kali mudah terganggu, dan kita bisa kehilangan kontak dengan sensasi tubuh kita," kata psikolog klinis dan pendiri Embodied Psychotherapy, Victoria Latifses.

"Ini menyebabkan kita mudah terjebak dalam emosi tentang peristiwa nyata atau imajinasi dari masa lalu, atau juga masa depan," ungkapnya.

Maka, dengan melatih mindfulness, kita bisa memiliki konsentrasi yang lebih baik sekaligus manajemen stres yang lebih sehat.

Terlebih, penelitian juga menemukan mindfulness memiliki manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan kesehatan kognitif, emosional, dan fisik.

Baca juga: 7 Hal Utama di Pagi Hari dalam Praktik Mindfulness

Cara mudah melatih mindfulness di segala usia

Kabar baiknya, siapa pun dari segala usia dapat mempelajari mindfulness dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari laman Martha Stewart, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mindfulness dalam hidup, berapa pun usia kita.

1. Mengadopsi mantra harian

Pilihlah mantra atau afirmasi yang sesuai dengan kita.

Tidak harus sesuatu yang megah atau mendalam, melainkan sesuatu yang sederhana seperti "bernapas", "satu langkah pada satu waktu", atau "saya kuat dan tangguh".

"Mantra dan afirmasi mendukung gagasan untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan ketenangan dalam tubuh," kata seorang terapis di LifeStance Health di Beverly Hills, California, AS, Kate Miskevics, LMFT.

"Berfokus pada satu mantra sepanjang hari dapat memperkuat keyakinan seseorang terhadap diri sendiri, menghasilkan perasaan yang lebih positif, dan mengurangi dampak gejala kecemasan," jelasnya.

Hal ini mendukung gagasan keseluruhan tentang mindfulness dan melatih pikiran untuk tetap berada di masa sekarang, bukan terjebak di masa lalu atau masa depan.

Pertimbangkan untuk menjadikan pengulangan mantra sebagai bagian dari rutinitas pagi atau malam hari, atau buatlah poster atau latar belakang ponsel yang menampilkan frasa yang kita pilih.

2. Berjalan kaki dengan penuh kesadaran

Tentu saja, kita berjalan sepanjang hari, baik itu dari meja kerja ke wastafel, berkeliling toko bahan makanan, atau berkeliling rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com