Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal Utama di Pagi Hari dalam Praktik Mindfulness

Kompas.com - 11/08/2023, 11:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Mindfulness ada di mana-mana - semua orang membicarakan manfaatnya.

Dan kamu pun ingin memanfaatkan alat pengembangan pribadi yang luar biasa ini? Tapi bagaimana kamu benar-benar mempraktikkannya?

"Saya juga sempat merasa sangat bingung. Tapi akhirnya saya menyadari betapa sederhananya mindfulness itu."

Demikian kata Tina Fey, pendiri blog Love Connection, yang aktif berbagi nasihat dengan bekal ilmu psikologi dan gelar Master bidang perkawinan, keluarga, dan konseling hubungan, yang disandangnya.

Tina Fey lantas menyebutkan, yang diperlukan hanyalah beberapa kebiasaan utama. Terutama di pagi hari, karena ini akan menentukan suasana hati kita sepanjang hari.

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang bisa diterapkan dalam rutinitas harian, yang membantu kita untuk tetap mindful.

Baca juga: Buat Orangtua, Ini Tips Praktik Mindfulness untuk Merawat Diri

1. Tetapkan waktu bangun yang konsisten dan masuk akal

Kita mungkin pernah mendengar tentang keajaiban pagi hari, yang menggembar-gemborkan manfaat bangun pagi untuk produktivitas dan kesadaran.

"Tapi saya harus jujur - saya benci bangun pagi. Saya tidak pernah menyukainya, dan saya tidak akan pernah bisa melakukannya," cetus Fey.

"Jadi saya menemukan pendekatan yang berbeda yang masih membantu untuk tetap waspada di pagi hari. Dan menurut saya, hal ini bermuara pada dua hal," kata dia lagi.

Pertama, tentang memiliki waktu bangun yang konsisten. Kita tidak bisa bangun jam 6 pagi pada suatu hari, dan jam 11 pagi di hari berikutnya, lalu ingin tetap berada di jalur yang tepat dengan tujuan dan niat kita.

Dan yang kedua, ini adalah tentang memiliki waktu yang cukup di pagi hari untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan tanpa harus terburu-buru.

"Secara pribadi, saya suka menikmati secangkir kopi sambil menulis jurnal tentang niat saya untuk hari yang menjelang," sebut Fey.

"Saya harus memastikan bahwa saya memiliki setidaknya 20 menit waktu luang di pagi hari untuk mempertahankan kebiasaan ini, dan hal ini sangat membantu untuk memanfaatkan hari yang ada di depan saya."

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com