Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 11:16 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Walau kerap dipakai sedikit saja dalam masakan, bawang bombai merupakan bahan penting untuk menjadikan hidangan kita lebih lezat dan harum.

Dengan bawang bombai, kita dapat membuat berbagai macam makanan, mulai dari sup, salad, hingga saus buatan sendiri.

Karena pentingnya bahan ini dalam masakan, kita terkadang perlu menyimpan bawang bombai dalam jumlah banyak sebagai persediaan bila sewaktu-waktu ingin memasak.

Tapi cara menyimpan bawang bombai juga penting mengingat hal itu dapat menentukan kondisi bawang bombai, termasuk rasa dan aromanya, sebelum kualitasnya menurun.

Baca juga: Jangan Simpan Apel dan Kentang di Dekat Bawang Bombai, Ini Alasannya

Cara terbaik menyimban bawang bombai

Secara umum bawang bombai menyukai aliran udara, tempat kering, dan suhu rendah. Mempertahankan kondisi penyimpanan yang optimal sesuai dengan kriteria tersebut dapat memperpanjang umur simpannya secara signifikan.

Jika kamu masih belum memahami caranya, coba ikuti rekomendasi berikut ini:

1. Simpanlah bawang bombai di tempat yang dingin dan kering dengan suhu ideal 7-12 derajat celsius.

Matthew Yee, koki di Farm to the People, menyarankan tempat-tempat seperti ruang bawah tanah, dapur, atau bahkan garasi untuk menyimpan bawang bombai, bukannya kulkas yang dapat menyebabkan pati dalam bawang bombai berubah menjadi gula, menyebabkan bawang bombai menjadi lunak atau basah.

2. Kurangi kelembaban dengan mengeluarkannya dari kantong belanjaan plastik sebelum disimpan dan jauhkan dari produk yang memproduksi kelembapan seperti kentang.

“Jika kamu menyimpan bawang bombai di dalam kantong belanjaan tanpa sirkulasi udara, hal ini akan mengurangi umur simpan karena bawang menahan kelembapan dan mendorong tumbuhnya mikroba pembusuk, seperti jamur,” kata Margarethe A. Cooper, Ph.D., profesor di Sekolah Ilmu Biomedis Hewan dan Komparatif di Universitas Arizona

3. Jauhkan bawang bombai dari sinar matahari karena panas yang dihasilkan oleh sinar matahari atau sumber lain dapat mendorong pertumbuhan mikroba pembusuk seperti jamur.

Cara menyimpan bawang bombai yang sudah dipotong

Bila tips sebelumnya bermanfaat bagi bawang bombai utuh, hal tersebut tidak berlaku bila bawang bombai sudah dipotong-potong. Coopers menyarankan penggunaan plastik wrap untuk menutup bawang bombai yang sudah dipotong sebelum kemudian memasukkannya kedalam kulkas.

“Penting untuk diperhatikan bahwa apel, pir, dan seledri akan menyerap bau bawang jika disimpan di dekatnya, jadi memastikan bawang bombai tertutup rapat dapat membantu mencegah hal ini terjadi,” jelasnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama dan Tetap Segar

Cara membekukan bawang bombai

Meskipun tidak direkomendasikan untuk membekukan bawang bombai utuh, Cooper menyatakan bahwa bawang bombai yang sudah dipotong atau diiris dapat dibekukan.

Menambahkan hal tersebut, Yee menyampaikan, untuk membekukan potongan atau irisan bawang bombai, lebih baik bawang bombai diletakkan dalam sebuah plastik yang udaranya sudah dikeluarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com