Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengonsumsi Ayam yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Kompas.com - 28/09/2023, 08:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ayam adalah jenis daging tanpa lemak dengan nilai gizi yang tinggi.

Ayam tanpa bumbu merupakan pilihan makanan berprotein tinggi, rendah natrium, dan bebas gula.

Selain itu, ayam juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk metabolisme yang sehat, termasuk antioksidan, vitamin B, serta mineral seperti selenium dan fosfor.

Tidak seperti daging merah, ayam telah menjadi protein hewani pilihan bagi orang-orang yang ingin makan lebih sehat, menurunkan atau mempertahankan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit.

Tetapi jika kita mengalami artritis gout, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal, seperti pemilihan potongan ayam hingga cara mengolahnya.

Baca juga: Mengenal Berbagai Pemicu Nyeri Asam Urat

Artritis gout melibatkan penumpukan asam urat dalam tubuh yang menyebabkan terbentuknya kristal asam urat pada persendian, sehingga menimbulkan rasa sakit dan peradangan yang tiba-tiba dan ekstrem.

Asam urat sendiri berasal dari purin. Itu adalah bahan kimia dalam setiap sel tubuh maupun dalam banyak makanan.

Penelitian menunjukkan, asupan purin yang berlebihan dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia). Kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan bahkan melumpuhkan.

Nah, untuk mendapatkan potongan ayam terbaik demi mencegah kambuhnya asam urat, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti yang dilansir dari laman Very Well Health.

Cara memilih ayam untuk penderita asam urat

Nilai gizi dasar berbeda antara dada, paha, dan sayap ayam. Kandungan purin pada setiap bagian juga berbeda-beda.

Jika kita menderita asam urat, penting untuk mempertimbangkan jenis dan jumlah purin yang kita konsumsi. Salah satu purin yang paling penting untuk diperhatikan adalah hipoksantin.

Ayam sebagian besar merupakan makanan dengan kadar purin sedang. Tetapi jumlah purin dalam potongan tertentu berkisar dari rendah hingga sangat tinggi.

Kita harus menghindari daging organ yang kaya purin seperti hati ayam dan hanya makan potongan dengan kadar purin dalam jumlah sedang.

American Dietetic Association (ADA) mendefinisikan makanan tinggi purin sebagai makanan yang memiliki kandungan purin total 150-1000 mg/100g.

Berikut kisaran kadar purin total pada potongan ayam (100g):

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com