Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Alami untuk Mengurangi Asam Urat dalam Tubuh

Kompas.com - 30/08/2023, 19:07 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Asam urat merupakan hasil alami dari proses pencernaan makanan yang mengandung zat bernama purin. Purin banyak terdapat dalam beberapa jenis makanan dan diuraikan dalam tubuh.

Biasanya, tubuh menghilangkan asam urat melalui ginjal dan urine. Namun, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak purin atau tubuh kita tidak dapat mengeluarkannya dengan cepat, asam urat bisa menumpuk dalam darah.

Kadar normal asam urat seharusnya di bawah 6,8 mg/dL. Kadar yang lebih tinggi dari ini disebut hiperurisemia yang dapat menyebabkan penyakit asam urat dan membuat darah serta urine menjadi terlalu asam.

Berikut cara alami menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Baca juga: 5 Gaya Hidup untuk Mencegah Penyakit Asam Urat

Batasi makanan kaya purin

Kita bisa mengendalikan asam urat dengan membatasi makanan yang kaya akan purin, seperti daging merah, jeroan, ikan, kerang dan unggas.

Saat makanan-makanan ini dicerna, mereka berkontribusi terhadap produksi asam urat.

Hindari gula

Fruktosa ialah jenis gula alami yang terdapat dalam buah dan madu. Ketika tubuh mencerna fruktosa, proses ini menghasilkan purin yang kemudian meningkatkan kandungan asam urat dalam tubuh.

Perlu diperhatikan bahwa fruktosa yang terdapat dalam minuman diserap oleh tubuh lebih cepat dibandingkan dengan gula dalam makanan utuh. Hal itu karena minuman tidak mengandung serat, protein, atau nutrisi lainnya.

Selain itu, gula tambahan lainnya seperti gula meja dan makanan manis juga memiliki dampak serupa.

Penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa penyerapan gula dengan cepat dapat meningkatkan kadar gula darah dan mengakibatkan peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh.

Minum lebih banyak air

Mengonsumsi banyak cairan dapat membantu ginjal memproses asam urat dengan lebih efisien. Ginjal bertanggung jawab menyaring sekitar 70 persen asam urat dalam tubuh.

Pastikan minum cukup air untuk mendukung kesehatan ginjal dan mengurangi risiko pembentukan batu ginjal yang terkait dengan asam urat.

Bawalah selalu botol air setiap saat. Atur alarm setiap jam untuk mengingatkan kapan harus minum.

Baca juga: Kenali 4 Gejala Asam Urat Tinggi dan Kapan Harus Berobat ke Dokter

Hindari alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengakibatkan kita kehilangan cairan tubuh lebih banyak, sehingga menyebabkan dehidrasi. Temuan dari penelitian tahun 2021 mengindikasikan bahwa alkohol juga dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Beberapa jenis minuman beralkohol, seperti bir, mengandung jumlah purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Namun, bahkan minuman beralkohol dengan kadar purin yang lebih rendah masih bisa merangsang produksi purin.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com