Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 16:16 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Minuman hangat sering direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan ketika kita sedang sakit pernapasan seperti flu atau batuk.

Walau begitu, jenis minuman hangatnya harus diperhatikan. Hindari konsumsi kopi karena ternyata minuman ini justru memperlambat pemulihan saat sakit.

Dijelaskan oleh ahli epidemiologi Suan Hassig, kafein dalam kopi adalah stimulan yang akan membuat tubuh lebih aktif.

"Walau kafein tidak berdampak langsung pada kondisi klinis saat kita sakit pernapasan, tetapi stimulan sebaiknya dihindari," kata Hassig seperti dikutip dari Huffpost.com.

Ia mengatakan, saat kita sakit karena tertular virus, hal yang kita butuhkan adalah cukup istirahat. Sementara kopi akan membuat kita susah tidur.

Baca juga: Kebiasaan Mengonsumsi Kafein yang Bikin Panjang Umur

Hal yang sama juga berlaku untuk minuman energi yang biasanya memiliki kandungan kafein lebih tinggi dibanding secangkir kopi.

"Jika sakit kita tergolong lebih berat dari flu atau batuk, berhati-hatilah karena kafein akan membuat dehidrasi karena efeknya yang diuretik," kata Dr.Daniel Monti, pakar pengobatan integratif.

Meski begitu, pengaruh kopi memang tidak sama pada setiap orang. Menurut studi terbaru, orang yang sudah rutin ngopi setiap hari tidak mengalami diuretik gara-gara kopi.

Bila kamu bukan peminum kopi rutin, sebaiknya hindari dulu minuman ini saat sedang flu. Ganti kopi dengan air hangat atau teh herbal.

Selain itu, jika kita mengalami mual, muntah, dan diare, hindari kopi.

Baca juga: Seberapa Lama Virus Flu dan Batuk Bisa Menular?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com