Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Bantu Teman yang Alami Kecemasan dan Depresi

Kompas.com - 10/10/2023, 07:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecemasan (anxiety) dan depresi (depression) menjadi salah satu isu kesehatan mental yang paling banyak diperbincangkan saat ini, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 5 orang di seluruh dunia diperkirakan mengalami kecemasan dan depresi, di mana setengah dari kondisi ini dimulai pada usia 14 tahun.

Di Indonesia, 9 dari 10 remaja mengakui pernah mengalami kecemasan dan 8 dari 10 remaja mengalami gejala depresi.

Bertepatan dengan momen World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober, brand makeup, Maybelline Indonesia, menghadirkan kampanye Brave Talk.

Berkolaborasi dengan KALM, Unika Atma Jaya Jakarta, dan Welcome (Organisasi Psikologi Atma Jaya), kampanye tersebut berupaya memberikan edukasi seputar masalah kesehatan mental dan cara mengatasinya.

Baca juga: Tanda-tanda Kecemasan Meningkat, Jangan Diabaikan

Selain itu, kolaborasi ini juga mengajak Gen Z secara khusus mengikuti pelatihan untuk membantu teman-teman mereka yang sedang mengalami masalah kesehatan mental.

Berdasarkan survei yang dilakukan Maybelline Indonesia dan Jakpat dengan lebih dari 1000 responden Gen Z (2021), curhat kepada teman menjadi solusi bantuan eksternal pertama ketika mereka mengalami isu kesehatan mental.

"Setelah satu tahun berjalan di Indonesia, Maybelline bersama dengan KALM telah memberikan lebih dari 18.000 sesi konseling."

Demikian penuturan Brand General Manager Maybelline Indonesia, Carla Mangindaan, di Unika Atma Jaya Jakarta, belum lama ini.

"Dan kami melihat respons yang baik melalui peningkatan kesadaran anak-anak muda akan pentingnya merawat kesehatan mental, terutama untuk menghadapi kecemasan maupun depresi."

"Dengan mengikuti pelatihan dari kampanye ini, harapannya siapa pun bisa lebih berdaya untuk menjadi first responder ketika ada teman yang butuh curhat," sebut dia.

Menjadi teman curhat yang baik

Untuk membantu teman yang mengalami kecemasan dan depresi, ada beberapa langkah yang bisa kita terapkan agar kita bisa menjadi teman curhat yang baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com