Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Kolesterol Terlalu Tinggi atau Rendah Tingkatkan Risiko Demensia

Kompas.com - 10/10/2023, 12:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kadar kolesterol di dalam tubuh tak hanya memengaruhi penyakit kardiovaskular, tapi juga demensia.

Demensia merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah gangguan yang berkaitan dengan fungsi kognitif, seperti berpikir, mengingat atau menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, kadar kolesterol baik yang tinggi dan rendah berkaitan dengan risiko demensia.

Penelitian itu melibatkan lebih dari 184.000 peserta dengan rata-rata berusia 70 tahun yang mengikuti rangkaian penelitian selama 17 tahun.

Para peneliti berusaha memahami hubungan antara dua jenis kolesterol, yaitu HDL-C (kolesterol baik) dan LDL-C (kolesterol jahat) yang memungkinkan demensia dialami orang yang lebih tua.

Kemudian mereka bereksplorasi untuk mencari hubungan antara kolesterol dan demensia menggunakan data ekstensif dari tanggapan survei dan catatan kesehatan elektronik.

Baca juga: 5 Efek Samping Tahu, Turunkan Kolesterol tapi Bisa Perburuk Asam Urat 

Risiko demensia akibat kolesterol

Subjek penelitian yang diteliti adalah anggota rencana kesehatan Kaiser Permanente Northern California yang berusia di atas 55 tahun.

Para anggota ini telah mengikuti survei kesehatan antara tahun 2002 dan 2007, tidak menderita demensia sebelum survei, dan kolesterol mereka diukur dalam waktu dua tahun setelah survei.

Tim peneliti melacak anggota tersebut hingga Desember 2020 untuk melihat apakah mereka menderita demensia.

Mereka menggunakan metode dan model spesifik untuk memahami data, memastikan mereka mempertimbangkan berbagai faktor seperti demografi dan pengobatan.

Para peneliti mengatakan, temuan tersebut menunjukkan tingkat kolesterol baik yang sangat rendah dan sangat tinggi dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena demensia.

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Yogurt bagi Kesehatan, Termasuk Turunkan Kolesterol 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com