Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praktikkan Kebiasaan Ini untuk Cegah Tertular Flu

Kompas.com - 13/10/2023, 15:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Selain pilek, pusing, dan juga tenggorokan terasa sakit untuk menelan, sakit flu memang tidak menyenangkan.

Kita juga terpaksa harus beristirahat di rumah dan menunda banyak hal, misalnya cuti kerja, batal liburan, atau janji temu dengan sahabat.

Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza yang menyebar melalui droplet yang diproduksi ketika seseorang bersin atau batuk.

"Kita tertular flu karena kontak erat dengan orang yang sedang sakit atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi lalu tangan kita menyentuh wajah atau hidung," kata Dr.Delana Wardlaw.

Cara penularan flu sama dengan cara penularan Covid-19, yang mungkin masih kita ingat.

Baca juga: Setelah Long Covid, Kini Terbitlah Long Colds

Walau flu secara umum lebih ringan, tetapi saat kita "tumbang" karena penyakit ini, kita sebaiknya berbaring di tempat tidur agar pulih lebih cepat.

Pada kelompok rentan, seperti anak-anak, orang lanjut usia, atau orang dengan sistem imun yang lemah, flu bisa menyebabkan komplikasi serius.

Meski begitu kita bisa mempraktikkan kebiasaan berikut untuk melindungi diri dari penularan flu:

1. Cuci tangan dengan sabun
Setelah bertahun-tahun pandemi, seharusnya mencuci tangan dengan sabun sudah menjadi kebiasaan. Sebab, bukan cuma flu yang bisa dicegah tapi juga Covid-19, norovirus, dan berbagai penyakit lain.

2. Bersihkan permukaan yang sering disentuh
Area seperti handel pintu, ponsel, atau permukaan meja, akan menjadi tempat droplet virus jika disentuh oleh seseorang yang sedang sakit flu.

Membersihkan permukaan tersebut dengan cairan disinfektan bisa membantu mengurangi risiko penularan.

Baca juga: Seberapa Lama Virus Flu dan Batuk Bisa Menular?

3. Cukup tidur
"Melakukan kebiasaan sehat, seperti tidur cukup, makan dengan sehat, dan mengonsumsi obat teratur jika punya penyakit kronis, adalah bagian dari gaya hidup sehat," kata Wardlaw.

Jika kesehatan fisik kita baik, maka risiko tertular infeksi pun akan turun. Selain itu, gaya hidup sehat tadi juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Hindari kerumunan
Jika kita termasuk orang yang lama pulih dari sakit flu, sebaiknya kita menjaga diri dengan baik. Misalnya saja dengan menghindari kerumunan di dalam ruangan karena risiko penularan penyakit pernapasan makin besar.

Jika kita tak punya pilihan lain, misalnya karena setiap hari memakai kendaraan umum, gunakan masker dan cuci tangan dengan sabun lebih sering.

5. Bila perlu konsumsi suplemen
Memang tidak ada bukti kuat yang menunjukkan rutin makan suplemen akan menjauhkan kita dari flu. Tetapi, jika pola makan kita buruk pertimbangkan konsumsi suplemen.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, bukan cuma vitamin C yang kita butuhkan, tetapi juga vitamin D, serta zinc.

Perlu diingat, kita tidak butuh antibiotik saat sakit karena obat ini mengobati bakteri, bukan virus penyebab flu.

Baca juga: Langkah Awal Atasi Gejala Sakit Tenggorokan akibat Polusi Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com