BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Tampil Jadi Diri Sendiri, Ini 3 Tip Ciptakan Gaya Fashion Unik Sesuai Kepribadian

Kompas.com - 27/10/2023, 17:19 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gaya berpakaian, tatanan rambut, dan penggunaan aksesori dapat mencerminkan kepribadian individu. Dalam dunia fesyen, hal ini juga menjadi sarana untuk mengekspresikan diri.

Namun, menemukan gaya fesyen personal atau personal style tidak mudah. Pasalnya, banyak orang belum bisa menemukan padu padan fashion item yang dapat menjadi gaya personal dan cerminan kepribadiannya.

Akan tetapi, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengembangkan gaya fesyen yang mencerminkan keunikan dan kepribadian seseorang sebagaimana dikutip dari laman masterclass.com.

1. Membuat mood board fesyen

Membuat papan inspirasi atau mood board merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengembangkan personal style. Melalui cara ini, kamu bisa mengumpulkan berbagai inspirasi fesyen dan menyusun gambarnya ke dalam sebuah mood board.

Dengan mengumpulkan beragam inspirasi menjadi satu, kamu pun bisa dengan mudah mencermati dan melihat gaya fesyen seperti apa yang disukai. Kamu juga bisa memilih beberapa inspirasi pada mood board yang paling mencerminkan gaya kesukaan sebagai acuan saat berbelanja.

2. Membuat capsule wardrobe

Capsule wardrobe merupakan koleksi dari fashion item dasar yang dapat dipadupadankan untuk menghasilkan personal style. Capsule wardrobe biasanya berisi pakaian berwarna netral dengan desain timeless, seperti dress hitam, kaos polos, jaket denim, dan tas kulit.

Kamu tidak harus membeli pakaian atau fashion item baru untuk membuat capsule wardrobe. Cobalah menyisir koleksi fashion item yang telah dimiliki di lemari. Pisahkan fashion item dengan desain timeless yang ada untuk menciptakan capsule wardrobe sesuai personal style kamu.

3. Bereksperimen dengan fashion item unik

Setelah membuat capsule wardrobe, kamu bisa menambahkan fashion item unik yang dapat menonjolkan personal style dan kepribadianmu. Kamu dapat bereksperimen dengan aksesori berdesain berani dan unik yang dipadukan dengan pakaian berpotongan asimetris.

Sebagai contoh, kamu bisa mengombinasikan koleksi perhiasan MONDIAL Precious dengan gaun hitam berpotongan asimetris pada bagian rok untuk menciptakan kesan elegan.

Untuk diketahui, MONDIAL Precious koleksi perhiasan hasil kolaborasi antara MONDIAL dan Nicholas Saputra untuk merayakan ulang tahun ke-44 MONDIAL.

Pada koleksi tersebut, tim ahli MONDIAL bersama Nicholas mengubah berlian dan batu permata menjadi sebuah karya seni yang tak lekang oleh waktu.

Dipimpin sendiri oleh Nicholas Saputra, koleksi perhiasan tersebut merupakan cerminan dari apresiasi mendalam dan kecintaannya terhadap batu permata, khususnya safir dan ruby.

Blue sapphire merupakan batu permata yang melambangkan keagungan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Selama berabad-abad, batu permata ini dikaitkan dengan kebangsawanan dan simbol cinta.

Sementara itu, ruby yang identik dengan warna merah sering diasosiasikan dengan kedamaian, kekuatan, dan cinta. Tak heran, batu permata ini kerap dipilih untuk perhiasan. Ruby sendiri merupakan simbol cinta dan ketenangan.

Inti dari koleksi MONDIAL Precious terletak pada konsep "Simple Geometry". Filosofi desain ini bertujuan untuk memancarkan keanggunan melalui kesederhanaan.

Koleksi perhiasan MONDIAL Precious menggunakan bentuk-bentuk dasar, seperti segitiga, kotak, dan lingkaran, sebagai dasar untuk menciptakan pola baru. Meski tampak biasa saat dilihat pertama kali, ketika ditelaah lebih lanjut, gabungan dari bentuk dasar tersebut mampu menciptakan pola yang unik dan berbeda.

Lewat koleksi MONDIAL Precious, kamu tidak hanya mengenakan perhiasan bertatahkan batu permata, tetapi juga menampilkan kepribadian dan gaya diri sendiri yang unik.

The Medallion merupakan salah satu perhiasan koleksi MONDIAL Precious dengan taburan Ceylon Blue Sapphire Cushion Shape 7 carat.dok. MONDIAL The Medallion merupakan salah satu perhiasan koleksi MONDIAL Precious dengan taburan Ceylon Blue Sapphire Cushion Shape 7 carat.

Perhiasan pertama dari koleksi #MONDIALPrecious adalah The Medallion. Bros dengan taburan Ceylon Blue Sapphire Cushion Shape 7 carat itu memancarkan kesan elegan dan kemewahan. Perpaduan antara batu permata, segitiga, bulat, dan kotak yang dirangkai menjadi satu itu dapat memancarkan karisma pemakainya.

Kedua, ada Lavesa. Koleksi perhiasan ini terdiri dari satu kalung berlian modern, dua cincin berlian wanita, serta satu anting-anting berlian yang berhiaskan Ceylon Blue Sapphire Cushion Shape 3 carat yang melambangkan keindahan, keanggunan, dan komitmen.

Ketiga, Opulence. Koleksi perhiasan yang dibuat dari rangkaian batu ruby dan safir ini memiliki tiga produk, yaitu kalung berlian, gelang berlian berkualitas, dan anting-anting berlian.

MONDIAL Precious Opulence Bracelet.dok. MONDIAL MONDIAL Precious Opulence Bracelet.

Keempat, ada Fierte. Terdiri dari dua kalung berlian dan satu anting-anting berlian mewah, perhiasan Fierte menggunakan bentuk dasar yang melambangkan pola pemikiran Nicholas Saputra berdasarkan keyakinannya akan orisinalitas.

Kelima, Enchante. Seri perhiasan ini terinspirasi dari perjalanan yang menyenangkan dan momen-momen pembuatan perhiasan yang memesona bersama Nicholas serta mewakili harapan MONDIAL agar para pemakainya senang memiliki koleksi ini.

Keenam, Lune. Terinspirasi dari kebijaksanaan dan intuisi, seri perhiasan yang terdiri dari dua kalung berlian dan satu gelang ini menampilkan pemahaman mendalam yang berasal dari wawasan yang luas.

MONDIAL Precious Gradiore Open Ring.dok. MONDIAL MONDIAL Precious Gradiore Open Ring.

Ketujuh, Gradiore. Seri perhiasan ini terdiri dari tiga cincin berlian pria yang melambangkan keberanian, kesopanan, dan kesetiaan pria kepada kekasihnya.

Selain koleksi tersebut, kamu juga bisa memilih perhiasan lain dari #MONDIAL, seperti koleksi Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate. MEC Ultimate merupakan berlian dengan kualitas GIA Triple Excellent yang dipilih berdasarkan 49 parameter dan spesifikasi pengukuran dengan teknologi terbaru yang mempertimbangkan unsur performa cahaya.

MEC Ultimate telah tersertifikasi Sarine Technologies yang memberikan penilaian terhadap pantulan cahaya berlian atau light performance. Adapun light performance diukur menggunakan empat parameter, yakni sparkle, light symmetry, fire, dan brilliance.

Kemudian, ada koleksi Brilliant Rose. Koleksi ini menggunakan berlian Brilliant Rose yang terinspirasi dari ukiran bunga mawar pada kaca patri jendela Gereja Katedral Notre Dame, Paris.

Terakhir, Firemark. Koleksi ini merupakan seri perhiasan MONDIAL yang dirancang oleh desainer ternama yang disesuaikan dengan gaya wanita modern saat ini. Tak hanya kecantikan, perhiasan ini juga dapat menonjolkan kepribadian pemakainya.

Untuk informasi lebih lengkap tentang MONDIAL Precious dan kolaborasinya bersama Nicholas Saputra, silakan kunjungi website resmi dan akun Instagram MONDIAL.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com