Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Sehat yang Secara Alami Dapat Meningkatkan Kolagen

Kompas.com - 15/11/2023, 19:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bicara soal tren suplemen makanan, produk kolagen tampaknya selalu berada di peringkat teratas.

Hal ini dikarenakan kolagen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari rambut, kulit, kuku, tulang, sendi, hingga otot.

Secara alami, kolagen sebenarnya sudah ada di dalam tubuh kita. Tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen bisa menurun dan kita harus meningkatkannya lagi salah satunya melalui suplemen.

"Kolagen adalah protein yang memberikan struktur pada otot, tulang, kulit, dan tendon," kata ahli diet di Fresh Communications, Bianca Tamburello, RDN.

Baca juga: 9 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kolagen di Tubuh secara Alami

"Kolagen juga menawarkan manfaat-manfaat ini sebagai tambahan untuk mendukung organ tubuh, rambut, kuku, ligamen, mata, dan arteri."

"Sebagai bahan penyusun yang penting bagi struktur-struktur vital ini, kolagen ditemukan berlimpah di seluruh tubuh, tetapi kita juga bisa mendapatkan kolagen melalui makanan dan suplemen," jelasnya.

Apakah mengonsumsi suplemen kolagen efektif?

Suplemen kolagen menimbulkan kontroversi, dan ada pertanyaan apakah suplemen tersebut benar-benar berfungsi.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya kejelasan tentang apakah kolagen yang dicerna akan dimetabolisme seperti jenis protein lainnya, atau berakhir sebagai kolagen tubuh di tempat yang diinginkan.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen bisa efektif, terutama suplemen yang dibuat dengan kolagen terhidrolisis yang dipecah untuk penyerapan yang lebih baik.

Penelitian juga menemukan bahwa asupan kolagen berhubungan dengan peningkatan elastisitas kulit, perlindungan dari sinar UV, dukungan kesehatan jantung, pemeliharaan tulang, peningkatan kekuatan otot, serta pereda nyeri sendi.

"Mengonsumsi suplemen kolagen dapat mengurangi nyeri sendi dengan menjaga tulang rawan, meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, serta mengurangi kehilangan massa otot dan keropos tulang yang terkait dengan penuaan," kata Bianca.

"Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, sejauh ini riset menunjukkan bahwa suplemen kolagen juga dapat mendukung kesehatan rambut, kuku, dan usus," ungkapnya.

Baca juga: 10 Daftar Makanan Tinggi Kolagen yang Baik untuk Tubuh

Makanan sehat yang secara alami meningkatkan kolagen

Sejumlah makanan merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik. Vitamin B adalah sekelompok vitamin yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Sumbernya, meliputi jeroan, telur, dan daging ayam.Freepik Sejumlah makanan merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik. Vitamin B adalah sekelompok vitamin yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Sumbernya, meliputi jeroan, telur, dan daging ayam.
Selain suplemen, kolagen berbasis makanan juga benar-benar bermanfaat bagi tubuh.

Dua cara paling efektif untuk meningkatkan cadangan kolagen dalam tubuh adalah dengan berfokus pada konsumsi nutrisi yang mendukung produksi kolagen dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi.

"Diet yang bervariasi sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen," jelas Bianca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com