Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 13:18 WIB
Putri Aulia,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah dengar soal pisang yang katanya bisa menambah berat badan?

Banyak orang menghindari pisang karena memiliki kandungan karbohidrat dan gula.

Gula di dalam pisang dianggap tinggi dan dapat diubah menjadi lemak tubuh lebih cepat dibandingkan dengan nutrisi lainnya.

Selain itu, jumlah kalori dalam pisang juga dianggap lebih tinggi daripada beberapa jenis buah lainnya.

Sebagai perbandingan, secangkir irisan apel mengandung sekitar 60 kalori, sementara secangkir irisan pisang memiliki sekitar 135 kalori.

Namun sebenarnya, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa konsumsi pisang dapat berkontribusi langsung pada peningkatan atau bahkan penurunan berat badan.

Pengaruh terhadap berat badan lebih dipengaruhi oleh asupan nutrisi harian secara keseluruhan.

Penurunan berat badan terjadi ketika seseorang membuat defisit kalori, baik dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori, membakar lebih banyak kalori, atau kombinasi keduanya.

Pisang bisa menjadi opsi camilan yang lezat dan memiliki sifat mengenyangkan yang baik. Meskipun begitu, ini mungkin tidak sebanyak beberapa buah lainnya.

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan dengan Cara Sehat

Sebagai contoh, setengah buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 60 kalori dan 1,5 gram serat, sementara satu cangkir raspberry memiliki 60 kalori dan 8 gram serat.

Oleh karena itu, buah seperti raspberry mungkin memberikan rasa kenyang yang lebih baik dibandingkan dengan pisang karena volume dan kandungan seratnya yang lebih tinggi.

Menyantap satu buah pisang sebagai camilan sehat bisa menjadi pilihan baik, tetapi perlu diingat jika menambahkan beberapa buah pisang besar ke dalam pola makan harian, ini dapat menambah lebih dari 350 kalori ekstra.

Jika ingin mendopsi pola makan sehat, menggantikan camilan tinggi kalori dan lemak seperti biskuit atau kue dengan buah segar seperti pisang bisa bermanfaat.

Namun, jika tujuannya untuk menambah berat badan, pertimbangkan untuk mengonsumsi camilan tambahan dengan gabungan pisang dan selai kacang.

Ini bisa menjadi pilihan untuk menambah kalori dengan nutrisi yang baik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com