Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Makan Alpukat untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 28/11/2023, 05:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada cara yang instan untuk dapat menurunkan berat badan. Namun, memilih menu makanan yang tepat bisa mendukung tujuan kita.

Alpukat, misalnya, menjadi salah satu makanan yang dapat mendukung penurunan berat badan dengan lebih baik.

Sebab, alpukat mengandung banyak lemak sehat hingga serat yang tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Efek Samping Makan Alpukat, Awas Bisa Bikin Gemuk

Dikutip dari laman Eat This Not That, ahli diet, Laura Burak, MS, RD, pun membagikan manfaat alpukat dalam membantu menurunkan berat badan sebagai berikut.

Manfaat makan alpukat untuk turunkan berat badan

Alpukat dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk program penurunan berat badan.

Laura menjelaskan, buah ini merupakan sumber lemak omega-3 dan serat yang sangat baik, kombinasi kuat yang dapat menstabilkan kadar gula darah, memperlambat pencernaan, dan mencegah keinginan makan yang tidak sehat.

Tak perlu diragukan lagi, dengan mengonsumsi alpukat, kita tidak akan mencari camilan atau makanan olahan yang tinggi gula di kemudian hari.

"Menambahkan alpukat ke dalam menu makanan setidaknya sekali atau dua kali sehari akan membuat kita lebih kenyang dan lebih kecil kemungkinannya untuk ngemil, atau makan malam berkalori tinggi yang biasanya menyebabkan kenaikan berat badan," kata dia.

Penelitian juga mendukung betapa bermanfaatnya alpukat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

Baca juga: Makan Alpukat Setiap Hari Bikin Gemuk? Cek Penjelasannya

Menurut analisis National Health and Nutrition Examination Survey (2001-2012), individu yang mengonsumsi alpukat memiliki berat badan yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

Selain itu, data dari uji klinis acak pada orang dewasa yang obesitas mengungkapkan, makan setengah buah alpukat saat makan siang berkaitan dengan rasa kenyang yang lebih besar dan berkurangnya keinginan untuk makan lima jam setelah makan siang.

Di samping itu, Laura mengatakan alpukat adalah makanan kaya nutrisi yang secara alami menambahkan antioksidan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com