Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2023, 05:46 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering merasakan nyeri sendi? Mungkin kamu akan langsung memikirkan obat apa yang dapat meredakannya.

Kenyataannya, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam jangka panjang dapat membahayakan hati dan ginjal, belum lagi efek samping gastrointestinal yang tidak menyenangkan.

Terkait hal ini, seorang ahli diet, Maxine Smith, menawarkan solusi melalui perubahan pola makan yang didasarkan oleh bukti ilmiah bahwa makanan, rempah-rempah, dan suplemen tertentu dapat meningkatkan kesehatan sendi secara signifikan.

Ini adalah pendekatan proaktif, yang menunjukkan bahwa mengubah pola makan dapat mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan obat pereda nyeri, sehingga memberikan potensi perubahan bagi kesehatan sendi.

Baca juga: Kunyit hingga Jahe, 6 Rempah yang Bisa Redakan Nyeri Sendi

Bagaimana makanan mempengaruhi kesehatan sendi

Smith tidak mengklaim bahwa makanan dapat membalikkan efek pengapuran sendi (osteoarthritis) atau bahwa perubahan pola makan dapat menghilangkan rasa nyeri sepenuhnya.

Pasalnya sebagian besar nyeri sendi memerlukan kombinasi pendekatan yang berbeda, seperti pengobatan, olahraga, terapi fisik, dan perubahan gaya hidup lainnya.

Namun Smith mengatakan bahwa pola makan yang dipilih dengan cermat adalah bagian penting dalam perawatan sendi. Beberapa kandungan makanan dapat mengurangi rasa sakit dengan cara yang sama seperti NSAID.

Dan jika kamu belum mengalami nyeri sendi, Smith mengatakan untuk memilih makanan yang benar sejak sekarang agar dapat membantu menghindari masalah di kemudian hari.

Apa itu peradangan?

Peradangan merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang mengerahkan sel darah putih untuk menyembuhkan luka.

Namun, masalah muncul ketika peradangan menjadi kronis dan menetap, terkadang hingga menyebabkan radang sendi yang berarti lebih dari sekadar kerusakan akibat penuaan.

Smith menjelaskan bahwa tujuan utama penjelasan ini bukanlah untuk menghilangkan peradangan sepenuhnya namun untuk menguranginya sehingga lebih mudah dikelola dan tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Baca juga: Penyebab Nyeri Sendi di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Makanan yang membantu mengatasi nyeri sendi

Sesungguhnya ada banyak makanan yang memiliki sifat anti inflamasi atau pereda nyeri tapi Smith memilih enam jenis untuk memudahkan.

Kamu bisa menggabungkan keenam makanan ini dan membuat makanan yang cukup lezat. Namun untuk saat ini, mari kita uraikan masing-masing bahan untuk mengetahui bagaimana bahan tersebut dapat membantu mengatasi nyeri sendi

1. Ikan

Seperti yang disebutkan banyak sumber dan ahli gizi, ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi. Idealnya, akan lebih baik untuk makan ikan yang tinggi omega-3 dan rendah merkuri. Beberapa ikan yang memenuhi kriteria tersebut adalah:

• Ikan salmon.

• ikan trout.

• Makarel.

• Ikan haring.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com