Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bikin Kamar Tidur Wangi agar Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 14/12/2023, 18:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aroma kamar tidur mungkin bukan hal pertama yang kita pikirkan saat mencoba untuk beristirahat dengan nyenyak.

Tapi, para ahli mengungkapkan bahwa aroma di kamar tidur bisa membantu kita untuk tidur nyenyak dan merasa segar di pagi hari.

Dan yang perlu kita ketahui adalah lavender bukan satu-satunya wewangian yang dapat membuat kamar tidur menjadi lebih harum, sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak.

Nah, jika kita ingin mengganti wewangian kamar tidur, pertimbangkan untuk memilih salah satu dari alternatif berikut untuk membuat kamar tidur beraroma harum.

Baca juga: 8 Minyak Esensial yang Bikin Tidur Nyenyak dan Redakan Kecemasan

Cara bikin kamar tidur wangi dan tidur lebih nyenyak

Memilih aroma yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang baik. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa pilihan yang direkomendasikan para ahli.

1. Minyak esensial geranium

Jika kita menginginkan aroma yang segar dan ringan untuk meningkatkan kualitas tidur namun tidak menyukai lavender, maka minyak geranium mungkin merupakan pilihan terbaik.

"Menghirup adalah cara tercepat untuk merasakan manfaat minyak esensial," kata ahli aromaterapi dari Frontier Co-op & Aura Cacia, Betsy Miller, MS.

"Saat kita menghirup minyak esensial yang tersebar, molekul-molekul minyak tersebut bersentuhan dengan saraf sensorik kita, yang merangsang pengiriman sinyal melalui saraf penciuman ke bola penciuman yang terletak di dekat otak; bola penciuman ini kemudian mengirimkan sinyal ke otak, yang menghasilkan serangkaian efek terapeutik melalui sistem saraf pusat," jelasnya.

Betsy pun merekomendasikan untuk menggunakan diffuser minyak esensial tidak lebih dari dua hingga empat jam setiap kali untuk orang dewasa dan 30 menit hingga satu jam setiap kali untuk anak-anak, dengan jumlah waktu yang setara dengan difusi.

Untuk alasan ini, sebaiknya pilihlah diffuser yang memiliki fitur mati otomatis untuk membantu kita tertidur dengan aman.

2. Semprotan chamomile dan sandalwood

Minum teh chamomile sebelum tidur adalah hal yang umum dilakukan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, mengapa tidak menggunakan aromanya untuk membantu kita terlelap dan melakukan rutinitas di kamar tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak?

"Chamomile dan kehangatan sandalwood yang menenangkan sangat cocok, terutama sebagai semprotan bantal," saran dari pakar wewangian, November Nichols.

"Ini adalah cara yang sederhana namun efektif untuk membuat tempat tidur kita memiliki aroma yang menenangkan," ujar dia.

November juga mengatakan, penting untuk memilih bantal yang lembut di kulit dan cepat kering untuk mencegah iritasi kulit, terutama saat menyemprotkan wewangian ke bantal.

Baca juga: Susah Tidur? Ini 5 Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com