Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Lemak Pinggul Lewat Latihan Mudah dan Efektif

Kompas.com - 06/01/2024, 17:10 WIB
Wisnubrata

Editor

 

KOMPAS.com - Keinginan banyak orang untuk memiliki tubuh ideal menghasilkan beragam informasi tentang cara menghilangkan lemak perut dan mengencangkan tubuh.

Namun demikian, beberapa orang ternyata memiliki kebutuhan yang lebih spesifik, yakni bagaimana caranya menghilangkan atau mengurangi lemak pinggul dengan efektif melalui olahraga dan diet.

Yang dimaksud lemak pinggul umumnya adalah akumulasi jaringan adiposa (lemak) di sekitar area pinggul dan bagian atas paha yang kerap membuat seseorang kesulitan mendapatkan celana yang pas dan nyaman.

Kelebihan lemak di area pinggul dan lemak tubuh secara keseluruhan dapat menyebabkan masalah kesehatan dan berdampak pada bentuk dan penampilan tubuh kita.

Baca juga: 5 Latihan Sederhana untuk Mengecilkan Pinggang

Mengurangi lemak pinggul melalui olahraga sering kali menjadi tujuan mereka yang ingin mendapatkan tubuh yang lebih kencang.

Sayangnya sangat sedikit artikel online yang membahas bagaimana kita dapat menguranginya dengan cepat. Meski begitu ada beberapa latihan guna menghilangkan lemak pinggul yang bisa dicoba untuk membentuk area tubuh ini.

Tujuan latihan adalah untuk mengurangi persentase lemak tubuh secara keseluruhan dan membentuk otot, sehingga menciptakan penampilan yang lebih seimbang dan bugar, dan berikut cara melakukannya:

Cara menghilangkan lemak pinggul

Menghilangkan lemak di area tertentu, seperti pinggul, merupakan suatu tantangan karena upaya yang berfokus pada satu titik saja pada umumnya tidak efektif.

Yang kita perlukan sebenarnya kombinasi pola makan sehat, olahraga kardiovaskular, dan latihan kekuatan untuk membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan, termasuk di area pinggul.

Juga perlu diingat, tubuh setiap orang berbeda, dan hasilnya mungkin berbeda-beda. Sangat penting untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan sehat daripada melakukan tindakan ekstrem.

Side leg raises

Berbaringlah miring dengan satu kaki di atas kaki lain. Angkat kaki bagian atas ke arah langit-langit, jaga agar tetap lurus. Turunkan kembali tanpa membiarkannya menyentuh kaki bagian bawah. Ulangi dan ganti sisi.

Latihan seperti side leg raise menargetkan otot-otot di sekitar pinggul. Mengencangkan dan memperkuat otot-otot ini dapat meningkatkan kekuatan dan bentuknya.

Baca juga: 7 Tipe Workout yang Efektif Menghilangkan Lemak Pinggang

Hip abduction

Gunakan resistance band di sekitar pergelangan kaki Anda. Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan angkat satu kaki ke samping melawan resistance band sebanyak 10 hitungan. Turunkan kaki dan ulangi pada sisi lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com