Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mencegah Jamur pada Pakaian Saat Musim Hujan

Kompas.com - 07/01/2024, 11:23 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Musim hujan identik dengan cuaca lembab. Kondisi ini menyebabkan jamur mudah tumbuh pada beberapa tempat, termasuk pakaian. 

Berikut cara mencegah jamur pada pakaian saat musim hujan. Tidak bisa dipungkiri, mengeringkan baju tanpa mesin pengering pada musim hujan cukup menjadi tantangan karena minim sinar matahari. 

Baca juga:

Padahal, tidak semua orang memiliki mesin pengering di rumah. Imbasnya, pakaian menjadi lembab sehingga berpotensi tumbuh jamur.

Cara mencegah jamur pada pakaian  

Berikut cara mencegah jamur pada pakaian saat musim hujan dilansir dari The Guardian dan Mirchi. 

1. Tidak menyimpan pakaian basah

Ilustrasi pakaian kotor, tumpukan pakaian kotor. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi pakaian kotor, tumpukan pakaian kotor.

Alice Payne, Profesor Mode dari Queensland University of Technology, mengatakan, langkah pertama mencegah jamur pada pakaian adalah tidak menyimpannya dalam kondisi basah maupun lembab, dilansir dari Guardian.

Selain itu, ia menyarankan untuk menghindari menyimpan pakaian dalam keadaan kotor. Sebab, jamur dapat tumbuh dengan memakan kotoran dan noda makanan.

Solusinya, kamu bisa menggantung pakaian yang belum kering di tempat yang memiliki aliran udara. Selain itu, jangan menyimpan dan menumpuk baju kotor dan basah di tempat cuci. 

2. Gantung pakaian 

Alice Payne juga menyarankan agar mengeringkan pakaian yang basah dengan cara digantung. Namun, perlu diperhatikan bahwa pakaian digantung tanpa dilipat atau tidak disampirkan pada tali jemuran. 

Sebaiknya, pakai hanger atau gantungan yang memungkinkan pakaian terbuka menyeluruh. Selanjutnya, beri jarak antar pakaian. 

Kamu juga bisa menggunakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara. 

3. Beri ruang di lemari

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.

Untuk mencegah jamur pada pakaian di lemari, maka beri ruang di tempat penyimpanan. Sebab, aliran udara di antara pakaian dapat membantu mencegah jamur. 

Karenanya, usahkan lemari pakaian tidak terlalu penuh. Selain itu, sebisa mungkin gantung pakaian di bawah sinar matahari saat cuaca cerah atau gantung pakaian di luar ruangan agar mendapatkan udara. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com