Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Saat Hujan Lebih Mudah Lapar? Simak Alasannya 

Kompas.com - 07/01/2024, 08:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu menyadari bahwa saat hujan perut menjadi lebih mudah lapar? Biasanya, kita ingin menikmati camilan ringan saat hujan atau cuaca dingin. 

Ternyata, ada beberapa alasan ilmiah di balik kondisi tersebut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari Eating Well, On Manorama, dan Guardian

Baca juga:

Kenapa kalau hujan sering lapar? 

Ilustrasi lapar. Berikut alasan kenapa kalau hujan lebih mudah laparShutterstock Ilustrasi lapar. Berikut alasan kenapa kalau hujan lebih mudah lapar

Berikut sejumlah alasan kenapa saat hujan perut lebih mudah lapar. 

  • Tubuh menggunakan lebih banyak energi 

Melansir dari Eating Well, seorang Pakar Nutrisi yang berbasis di Toronto, Bri Bell mengatakan, alasan paling sederhana mudah lapar saat hujan atau dingin adalah tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk tetap hangat di lingkungan yang lebih dingin.

Meskipun setiap orang berbeda, biasanya orang merasa lebih lapar saat cuaca dingin,” kata Bri Bell, dilansir dari Eating Well. 

Proses makan dan mencerna makanan bisa sedikit meningkatkan suhu tubuh kita, jadi wajar jika tubuh memberi sinyal agar kita makan lebih banyak sebagai cara untuk membuat kita tetap hangat,” imbuh Bri Bell.

Meskipun demikian, kalori yang dibakar untuk menjaga tubuh tetap hangat saat hujan atau dingin, jumlahnya tidak signifikan. 

Sementara, sebuah penelitian lain mengungkapkan dampak paparan suhu dingin terhadaptotal pengeluaran energi tersebut, berbeda-beda bagi setiap orang. Artinya, ada orang yang mudah lapar saat hujan dan dingin, adapula yang tidak mudah lapar. 

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com