Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan di Dalam Rumah Tetap Perlu Pakai Sunscreen

Kompas.com - 17/01/2024, 11:10 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tabir surya atau sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari paparan ultraviolet (UV), terutama dari sinar matahari.

Oleh karena itu, banyak orang beranggapan bahwa kulit akan sepenuhnya terlindungi dari paparan sinar UV ketika sedang berada di dalam ruangan. 

Padahal, nyatanya penggunaan sunscreen harus tetap dilakukan meski tidak keluar rumah dan terkena paparan sinar matahari langsung. 

Mengapa demikian?

Baca juga:

Alasan di dalam rumah pakai sunscreen

Masih terpapar sinar biru dari gadget

Ilustrasi dampak negatif menatap layar gadget berlebihan.iStockPhoto/AntonioGuillem Ilustrasi dampak negatif menatap layar gadget berlebihan.

Penggunaan sunscreen harus dilakukan meski kita tidak keluar rumah karena tetap berpotensi terkena paparan sinar biru dari layar, seperti layar komputer maupun gawai.

“Selain ada sinar UV, ada juga yang namanya bluelight, infrared, bahkan cahaya dari api kompor aja itu bisa menyebabkan radiasi,” kata Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV, FAADV kepada saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).  

Baca juga: 8 Warna yang Cocok Dikenakan Jika Kamu Memiliki Kulit Cerah

Risiko terkena penyakit melasma dan flek

Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV, FAADV (tengah) saat menghadiri peluncuran New Effaclar Duo+M La Roche Posay, di The Habitate, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024)KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV, FAADV (tengah) saat menghadiri peluncuran New Effaclar Duo+M La Roche Posay, di The Habitate, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024)

Fitria menambahkan bahwa penggunaan sunscreen di dalam ruangan juga bertujuan untuk mencegah risiko melasma atau bercak-bercak kecoklatan di kulit.

“Sinar-sinar dari gadget, LED, TV, memang energinya rendah, tapi kalau terpapar terus menerus bisa berbahaya untuk kulit, bahkan efeknya bisa sampai terkena penyakit melasma dan flek,” ujarnya. 

Menurutnya, jenis paparan sinar yang ada di dalam ruangan, menjadi sumber yang paling sering diabaikan. 

Maka dari itu, Fitria mengimbau agar selalu merawat kulit wajah menggunakan tiga hal utama. 

“Jadi penting memang tiga item utama ya, harus mencukupi mulai dari mencuci muka, pakai moisturizer, dan pakai sun protection,” tuturnya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Sayur untuk Kulit Kering, Bisa Bantu Hidrasi

Tak hanya itu, dalam penggunaan sunscreen, dianjurkan untuk selalu melakukan re-apply atau pengaplikasian ulang setiap tiga jam sekali. Durasi yang lebih jarang daripada jika keluar rumah, karena tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com