Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Beli Batik di Semarang, Ada Kampung Batik 

Kompas.com - 18/01/2024, 23:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Batik menjadi salah satu oleh-oleh saat berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah. Meskipun tidak sepopuler batik Yogyakarta dan Solo, namun batik Semarang memiliki ciri khas yang tak kalah menarik. 

Baca juga:

Melansir situs Dinas Pariwisata Kota Semarang, batik Semarang atau dikenal sebagai batik Semarangan memiliki motif khas. Motif itu berupa pohon asam, Tugu Muda, atau ikon Kota Semarang pada setiap kain batik. 

Corak khas tersebut sekaligus mengenalkan ikon Kota Semarang melalui wastra batik Semarangan. 

Tempat beli batik di Semarang 

Berikut rekomendasi tempat belanja batik di Semarang seperti dihimpun Kompas.com. Selain bandeng presto dan tahu bakso, kamu bisa membeli batik Semarang sebagai oleh-oleh khas Semarang. 

1. Kampung Batik Semarang 

Ilustrasi Kampung Batik Semarang. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Semarang
Ilustrasi Kampung Batik Semarang. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Semarang

Kampung Batik Semarang merupakan sentra produksi dan penjualan batik di Kota Semarang. Kampung tematik ini, beralamat di Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. 

Melansir dari situs Kampung Tematik Kota Semarang, Kampung Batik telah diinisiasi sejak 2005. 

Kamu bisa menjumpai beberapa industri batik rumahan, seperti Batik Ngesti Pandowo, Cinta Batik, Batik Kurnia, Batik Balqis, dan sebagainya. Selain membeli batik, pengunjung bisa menyaksikan langsung produksi batik. 

2. Batik Danar Hadi Semarang 

Gerai batik Danar Hadi Semarang. Berikut tempat beli batik di SemarangDok. Batik Danar Hadi Gerai batik Danar Hadi Semarang. Berikut tempat beli batik di Semarang

Batik Danar Hadi adalah salah satu merek batik asal Solo yang legendaris dan terkenal. Salah satu cabangnya berada di Semarang, tepatnya di Jalan Gajahmada No.186, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Berawal dari industri rumahan, Batik Danar Hadi didirikan pada 1967 oleh Santosa Doellah dan istrinya. Batik Danar Hadi menawarkan beragam koleksi batik untuk aktivitas sehari-hari maupun acara spesial. 

Ada banyak pilihan batik dengan desain eksklusif di Batik Danar Hadi Semarang. Selain baju batik, pengunjung juga bisa menjumpai aksesoris dari batik, seperti tas, dompet, kipas, dan lainnya. 

3. Batik Benang Raja 

Gerai Batik Benang Raja Semarang. Berikut tempat beli batik di SemarangDok. Batik Benang Raja Gerai Batik Benang Raja Semarang. Berikut tempat beli batik di Semarang

Batik Benang Raja merupakan industri batik yang berbasis di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Didirikan pada 2013, Batik Benang Raja telah memiliki cabang di sejumlah kota, salah satunya Semarang, dilansir dari situs resminya. 

Alamat Batik Benang Raja Semarang berada di di Jalan DI Panjaitan 34, Kampung Kali, Semarang. Koleksi Batik Benang Raja terdiri dari berbagai macam motif batik dari daerah di Indonesia, baik batik tulis, cap, maupun printing. 

Batik Benang Raja menawarkan produk batik berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan tagline-nya eceran dan grosir harga pabrik. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com