Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Beli Batik di Cirebon, Ada Motif Mega Mendung 

Kompas.com - 17/01/2024, 17:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Cirebon terkenal sebagai salah satu sentra produksi batik di Indonesia. Motif batik ikonik dari Kota Udang ini adalah motif mega mendung.

Melansir dari Kompas.com (11/5/2022), motif mega mendung menggambarkan awan saat mendung. Maknanya, agar pemakai batik mega mendung tetap sejuk dan tenang menahan amarah, sebagaimana langit mendung. 

Baca juga:

Jika berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mampir membeli batik sebagai oleh-oleh. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Cirebon, seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Kampung Batik Trusmi 

Kawasan Batik Trusmi Cirebon. Berikut tempat beli batik di Cirebon.Wikimedia Commons Kawasan Batik Trusmi Cirebon. Berikut tempat beli batik di Cirebon.

Kampung Batik Trusmi merupakan salah satu ikon Cirebon yang terkenal. Di kampung inilah, lahir Batik Trusmi yang legendaris sejak abad ke-14. 

Pengunjung bisa menjumpai aneka macam motif batik, termasuk batik mega mendung. Selain membeli batik, pengunjung bisa merasakan pengalaman membatik yang dilakukan secara turun temurun oleh para perajin batik di Cirebon.

Wisatawan juga bisa berkeliling naik becak sembati melihat gedung-gedung bersejarah yang masih terjaga bentuk aslinya di kawasan ini. 

2. BT Batik Trusmi 

BT Batik Trusmi. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Cirebon
Dok. BT Batik Trusmi BT Batik Trusmi. Berikut rekomendasi tempat beli batik di Cirebon

BT Batik Trusmi merupakan pusat batik terbesar dan terlengkap di Cirebon. Melansir dari situs resminya, terdapat berbagai macam produk di BT Batik Trusmi, seperti kain batik tradisional, baju batik, kerajinan tangan, aksesoris motif batik, tas baik, oleh-oleh, dan sebagainya. 

Pengunjung BT Batik Trusmi juga bisa menjumpai museum edukasi tentang batik yang dikemas secara modern. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Syekh Datul Kahfi Nomor 148, Weru Lor, Plered, Kabupaten Cirebon. 

BT Batik Trusmi juga memberi kesempatan bagi wisatawan merasakan sensasi membatik menggunakan canting dan lilin. Hasil kreasi batik yang dibuat oleh wisatawan bisa dibawa pulang sebagai bentuk oleh-oleh.

3. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman, Cirebon. Berikut tempat beli batik di Cirebon
Dok. https://www.cirebonkota.go.id/ Pasar Kanoman, Cirebon. Berikut tempat beli batik di Cirebon

Pasar Kanoman merupakan salah satu pasar tradisional yang dilengkapi area pertokoan modern di Cirebon. Wisatawan bisa mendapatkan aneka macam oleh-oleh khas Cirebon dengan harga miring.

Pedagang di Pasar Kanoman juga menjajakan beragam motif batik, dalam bentuk pakaian jadi maupun kain. Lokasinya berada di Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

4. Pasar Pagi 

Pasar tradisional lainnya yang menjajakan aneka produk batik adalah Pasar Pagi. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi No. 212, Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. 

Pengunjung yang ingin membeli batik bisa menuju lantai 1 Pasar Pagi. Di lokasi tersebut, berjajar aneka macam produk batik dengan motif khas Cirebon.

Selain batik, wisatawan bisa menjumpai aneka oleh-oleh di Pasar Pagi dengan harga yang miring. 

Baca juga:

5. Toko Pangestu

Tempat beli batik di Cirebon selanjutnya adalah Toko Pangestu. Alamatnya berada di Jalan Sukalila Selatan, Nomor 49, Pekalipan, Kota Cirebon. 

Toko batik di Cirebon yang satu ini cukup legendaris karena sudah berdiri sejak 1992. Toko Pangestu menjual aneka ragam batik. 

Selain itu, mereka memiliki galeri batik dengan beragam koleksi batik premium termasuk batik motif mega mendung. Selain batik, Toko Pangestu juga menyediakan oleh-oleh khas Cirebon. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com