Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Turun Berat Badan 20 Kg? Ketahui Tipsnya

Kompas.com - 19/01/2024, 15:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Turun berat badan 20 kilogram (kg) menjadi impian setiap orang yang tengah menjalani program diet. Utamanya, jika memiliki kelebihan berat badan. 

Menentukan target penurunan berat badan bisa membantu kamu agar tetap semangat menjalani program diet. Namun, perlu diingat bahwa target penurunan berat badan harus realistis. 

Baca juga:

Sebab, diet ekstrem dengan kehilangan banyak berat badan dalam seminggu justru berisiko buruk bagi kesehatan. Lantas, berapa lama turun berat badan 20 kg dengan aman? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline dan Mens Health.

Berapa lama turun berat badan 20 kg

Ilustrasi diet, berapa lama turun berat badan 20 kg? 
Pexels Ilustrasi diet, berapa lama turun berat badan 20 kg?

Menurut pada ahli, diet yang sehat dan aman adalah turun berat badan sekitar 0,45 kg-0,9 kg per minggu atau 1 pon-2 pon, dilansir dari Healthline dan Mens Health. Kehilangan berat badan lebih dari angka tersebut, justru berisiko mengalami banyak masalah kesehatan.

Jika kamu menargetkan turun berat badan 20 kg, berarti membutuhkan waktu sekitar 20 minggu hingga 40 minggu, atau 5 bulan-10 bulan. 

Namun, durasi penurunan berat badan berbeda-beda setiap orang bergantung dari  berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, metabolisme tubuh, rutinitas olahraga, dan asupan kalori. 

Baca juga:

Perlu diingat bahwa, menurunkan berat badan secara stabil dengan pola makan dan olahraga yang tepat, justru dapat membantu kamu tetap sehat dan mempertahankan berat badan. 

Menurunkan berat badan secara drastis dalam kurun waktu yang singkat, bukanlah cara berkelanjutan untuk menjaga berat badan tetap stabil. Selain itu, diet ekstrem hanya boleh dilakukan dengan konsultasi dan di bawah pengawasan dokter. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com