Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mencuci Bra yang Benar Agar Bersih dan Awet 

Kompas.com - 22/01/2024, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Cara mencuci bra yang benar perlu diperhatikan oleh para perempuan. Sebab, cara mencuci bra akan mempengaruhi bentuk dan kualitas bra. 

Dokter spesialis kulit, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, mengatakan cara mencuci bra yang benar adalah dengan lembut dan sesuai dengan petunjuk produk. Idealnya, mencuci bra dengan tangan atau di mesin cuci dengan tas pencucian khusus.

“Merawat bra dengan cara yang benar sangat penting untuk menjaga kualitasnya dan memastikan bra memberikan dukungan yang tepat untuk payudara,” tuturnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga:

Dihubungi terpisah, dokter spesialis kulit, dr. Matahari Arsy, SpDVE, menuturkan, model dan bahan bra sangat menentukan cara mencucinya. Jadi, model bra satu dengan yang lain berbeda cara mencucinya. 

“Mencuci dan menjemur bergantung model dan bahan bra,” tuturnya. 

Cara mencuci bra yang benar 

Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra. SHUTTERSTOCK/AMORNRACH CHAIYACHAT Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra.

Kompas.com merangkum cara mencuci bra yang benar sebagai berikut: 

1. Pisahkan bra sesuai jenis 

Langkah pertama, adalah memisahkan bra berdasarkan jenisnya. Matahari menuturkan, apabila bra terbuat dari bahan yang aman dicuci menggunakan mesin, maka bra dapat diletakkan ke kantung khusus sebelum masuk mesin cuci. 

“Apabila bahan bra lebih banyak ornamen, sebaiknya bra dicuci manual menggunakan tangan,” tuturnya. 

Melansir dari Real Simple, sebelum mencuci bra, sebaiknya periksa label perawatan bra tersebut. Sebab, beberapa jenis bra mungkin menggunakan bahan yang memerlukan perawatan khusus, sehingga sebaiknya dicuci manual menggunakan tangan. 

2. Rendam bra pakai deterjen

Agar hasil cucian lebih bersih, kamu bisa merendam bra beberapa menit sebelum mengucek menggunakan tangan atau mesin cuci. 

“Rendam bra selama beberapa menit, kemudian gosok dengan lembut, terutama di bagian yang lebih kotor atau berkeringat,” kata Fitria. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com