Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2024, 16:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Konsep pernikahan intim atau yang dikenal sebagai "intimate wedding" belakangan kian digemari karena dinilai lebih akrab dan berkesan.

Jumlah tamu undangan intimate wedding biasanya juga jauh lebih sedikit daripada pernikahan biasa, yang mengundang sekitar 300-500 orang undangan atau bahkan lebih.

Lalu, berapa orang tamu dalam intimate wedding? Berikut ulasannya.

Baca juga: Perkiraan Biaya Pernikahan, dari di Gedung hingga Intimate

Intimate wedding berapa orang?

Pada umumnya, jumlah tamu yang diundang berkisar 50-80 orang, sehingga para pengantin tidak perlu repot mencari lokasi pernikahan berkapasitas besar.

Biasanya, tamu yang diundang adalah keluarga inti, keluarga dekat, dan orang-orang dekat lainnya, terutama dari pasangan mempelai.

"Dalam konsep intimate wedding, tamu-tamu yang diundang bukanlah orang yang banyak, sehingga biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih terkendali," kata CEO Glowy Wedding, Rizka Awaliah dalam keterangannya, Sabtu (28/1/2024), seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca juga:

Jumlah yang terbatas itu membuat pernikahan sebetulnya bisa saja digelar di tempat yang lebih kecil, seperti restoran, yang tidak memerlukan bujet terlalu besar dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan tamu undangan.

Jumlah tamu undangan pada intimate wedding juga bisa sedikit bervariasi, tergantung dari lokasi penyelenggaraan pernikahan.

Hotel Alila SCBD, misalnya, yang sempat menggelar pameran pernikahan awal Januari kemarin juga mengedepankan konsep intimate wedding.

Para calon mempelai yang menggunakan tempat pernikahan mereka bisa mengundang hingga maksimal 150 orang.

"Untuk 150 pax. Memang target kami tidak 500 (tamu undangan) ke atas, karena eksklusivitas lokasi. Jadi yang mau dijual adalah akses (venue pernikahan) yang bisa terkoneksi outdoor dan indoor," ucap Associate Director of Marketing Communications Alila SCBD, Sebastian Adityo Prabowo kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga:

Lebih lanjut, laman The Knot pernah merilis data Studi Pernikahan. Studi tersebut menemukan bahwa jumlah rata-rata tamu undangan pada pernikahan yang bersifat intim adalah 117 orang pada 2022.

Tentu saja, angka ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain lokasi pernikahanm faktor lainnya termasuk daerah, bujet, dan visi tentang pernikahan.

Misalnya, jika menginginkan pernikahan intim di kebun belakang rumah, maka jumlah tamunya harus lebih sedikit.

Namun, jika tidak yakin berapa banyak orang yang perlu diundang untuk intimate wedding, angka-angka di atas bisa menjadi patokan awal, untuk kemudian disesuaikan dengan faktor lain, seperti lokasi pernikahan dan bujet.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com