Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah Kebiasaan Anak Minum Minuman Manis

Kompas.com - 30/01/2024, 18:06 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Minuman manis, seperti minuman kemasan yang umumnya diberi gula tambahan, memang terasa enak di lidah. Namun, kebiasaan minum minuman ini justru bisa menyebabkan konsumsi air putih pada anak menurun. 

Pasalnya, minuman manis punya rasa yang variatif sehingga lebih diminati anak-anak, dibanding air putih yang tidak ada rasanya. 

Baca juga:

Jika hal ini diteruskan maka akan menjadi kebiasaan buruk dan berdampak negatif pula bagi kesehatan anak pada kemudian hari. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan ini?

 

Berikan jus buah tanpa gula tambahan

Mengetahui apa itu detoksifikasi tidak cukup tanpa memperhatikan efek negatifnya.shutterstock/5PH Mengetahui apa itu detoksifikasi tidak cukup tanpa memperhatikan efek negatifnya.

Dokter spesialis anak, dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp.A, MARS mengatakan, mengubah kebiasaan minum minuman manis pada anak bisa dilakukan dengan memberi jus buah. 

“Mungkin kita tolongnya pakai jus buah saja. Sebetulnya jus buah juga enggak direkomendasi ya, tapi mungkin itu cara terbaiknya untuk nge-switch (mengalihkan) kebiasaan tadi,” ujar dokter Tiwi, sapaan akrabnya, kepada Kompas.com di Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2024). 

Dalam hal ini, ia pun mengingatkan agar para orangtua yang ingin memberikan jus buah pada anak untuk tidak memberikan tambahan gula di dalamnya. 

“Kalau ditambahin gula lagi, sama saja jatohnya tetap minuman yang pakai pemanis. Biarkan pakai manis alami dari buahnya saja,” tambahnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com