Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Meningkatkan Penampilan Saat Memakai Jeans

Kompas.com - 10/02/2024, 11:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jeans adalah barang yang dimiliki hampir semua orang dalam koleksi busananya. Karena awalnya memang dirancang sebagai pakaian para pekerja, jeans atau denim sampai sekarang diasosiasikan dengan penampilan kasual dan tidak resmi.

Namun ada banyak cara untuk membuat jeans kita terlihat lebih keren dan mahal. Kuncinya adalah memadukan dengan pakaian mewah lainnya yang secara otomatis meningkatkan penampilan kita.

“Denim adalah pakaian yang dapat diandalkan sehingga seringkali terlalu kerap dipakai,” kata Elizabeth Kosich, pakar mode dan penata gaya. 

"Seringkali kita terjebak dalam kebiasaan memakai denim setiap saat. Nah, agar penampilanmu lebih berkualitas, yang diperlukan hanyalah menambahkan satu elemen kemewahan."

Baca juga: Ketahui Jenis Celana Jeans dari Proses Produksi, Warna, dan Bentuknya

Cara meningkatkan penampilan memakai jeans

1. Padukan jeans dengan baju atau blus sutra

Yenia Hernández Fonseca, pakar mode dan penata gaya, mengatakan salah satu cara mudah untuk membuat jeans terlihat mahal adalah dengan memadukannya dengan bahan mewah—misalnya sutra, satin, krep, charmeuse, dan kasmir.

"Kontras sentuhan ini menciptakan perpaduan indah yang sangat memanjakan mata," ujar Fonseca.

Lebih khusus lagi, pelatih citra dan gaya yang berbasis di NYC, Carol Davidson, merekomendasikan untuk memadukan jeans dengan blus  atau baju sutra dengan warna permata yang kaya seperti zamrud atau ungu untuk perpaduan yang anggun.

Kosich menambahkan bahan lain yang akan meningkatkan penampilan jeans, yakni kasmir. 

"Cobalah sweter dengan sepatu hitam dan kalung atau jam tangan berkelas, atau turtleneck kasmir dengan sepatu metalik untuk dipadukan dengan jeans," sarannya.

IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

2. Tambahkan sabuk kulit

Kamu mungkin terkejut melihat betapa ikat pinggang dapat meningkatkan tampilan denim, kata Melony Huber, penata gaya dan salah satu pendiri koleksi La Peony. 

Namun tentu saja, tidak semua ikat pinggang sama. Ia merekomendasikan memilih yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti kulit asli, suede, atau kulit eksotis seperti kulit ular dan buaya.

GraceVan Cleave, penata gaya pribadi dan pendiri Amazing Grace Styling, juga mencatat bahwa ikat pinggang yang menarik perhatian bisa sangat bermanfaat. 

Carilah ikat pinggang berwarna coklat atau hitam dengan gesper tebal atau penuh hiasan, dan pastikan untuk memasukkan atasan tidak hanya untuk menonjolkan aksesori, tetapi juga untuk mendapatkan tampilan yang lebih halus.

3. Sesuaikan dengan bentuk tubuh 

“Sama seperti semua pakaian lain di lemarimu, kesesuaian jeans dengan tubuh sangatlah penting,” kata Fonseca. "Kamu bisa memilih potongan jeans yang cocok, atau menyesuaikan jeans kamu ke penjahit."

Penjahit dapat melakukan segala macam penyesuaian pada jeans, mulai dari meruncingkan bagian kaki yang longgar agar terlihat lebih ramping hingga memendekkan keliman atau memotong bagian pinggang untuk menghindari celah yang tidak sedap dipandang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com