Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Beda, Ini Perbedaan Body Oil dan Body Lotion

Kompas.com - 18/02/2024, 12:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Meski sama-sama menghidrasi kulit, ternyata ada perbedaan body oil dan body lotion yang mungkin masih belum banyak dipahami.

Keduanya memiliki kandungan yang bervariasi. Jadi, perlu dilihat lagi mana yang lebih cocok untuk kulit kita.

Baca juga:

Lebih lanjut, berikut ulasan tentang perbedaan body oil dan body lotion yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Real Simple.

Perbedaan body oil dan body lotion

Body oil

Dokter kulit dan dermatopatologi tersertifikasi badan, Dr Brendan Camp, MD menjelaskan, body oil adalah produk perawatan kulit yang terbuat dari minyak-minyak alami, seperti jojoba, zaitun, buah-buahan, argan, bunga matahari, dan almond.

Ilustrasi body oil.PEXELS/CHELSEA SHAPOURI Ilustrasi body oil.

Ada banyak jenis body oil di pasaran, dengan variasi tingkat kekentalan, mulai dari ringan hingga kental.

Baca juga: Memilih Pelembap untuk Kulit Kering, Apa yang Harus Diperhatikan?

Camp merekomendasikan mencari body oil dengan kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal oksigen bebas.

"Radikal oksigen bebas adalah molekul oksigen yang tidak stabil, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini," ucapnya.

Body lotion

Body lotion membantu menahan kelembapan pada kulit. Ada beberapa bahan body lotion yang cukup populer, termasuk salah satunya asam hialuronat atau hyaluronic acid yang dapat menjaga kesehatan penghalang kulit dan melembapkan.

Selain itu, body lotion juga terserap lebih cepat di kulit.

"Body lotion biasanya juga mengandung minyak di dalamnya, tetapi tidak hanya minyak. Produk ini biasanya mencampurkan bahan-bahan ramah air dan minyak, lalu mengemulsikannya menjadi lebih seperti krim," kata edukator estetika dari Averda Arts and Science Institute Minneapolis, Alex Hushcha.

Baca juga: 8 Bahan Perawatan Kulit yang Membantu Mengurangi Keriput

Karena kombinasi tersebut, orang-orang yang tidak terlalu menyukai adanya residu di kulit setelah pengaplikasian body oil lebih cocok dengan produk body lotion.

Untuk menghidrasi kulit secara maksimal, gunakan kombinasi body oil dan body lotion untuk mengunci dan menjaga kelembapan pada kulit.

Body oil akan membuat kulit lebih terhidrasi, lembut, dan berkilau karena mendapatkan nutrisi dari bahan-bahan alami, sementara body lotion membantu mencegah kulit kering dan gatal karena menahan kelembapan pada kulit.

@kompas.lifestyle Jerawat nggak boleh dipencet! Namun, masih ada aja orang-orang yang ‘gatal’ untuk memencet jerawatnya ketika muncul di wajah. Padahal, memencet jerawat tidak dianjurkan tidak dianjurkan oleh dokter kulit, karena menyebabkan masalah kulit baru. Yuk, simak sampai habis untuk tau penjelasan medisnya! #acne #jerawat #skincare #lifestyle ? original sound - Kompas Lifestyle

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com