Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 11:21 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering kali terlupakan karena tidak terlalu mencolok, ternyata blush on mempunyai peran penting dalam makeup yang kita gunakan sehari–hari.

Pemilihan warna yang pas akan membuat kulit kita tampak semakin bagus, namun sebaliknya jika warna yang dikenakan tidak sesuai justru akan membuat penampilan menjadi kurang bagus.

Walaupun menggunakan makeup tidak memiliki aturan, kita disarankan tetap memilih produk makeup dengan benar dan penempatannya juga sesuai, supaya memberikan kesan yang sangat berbeda pada wajah kita.

Tips memilih warna blush on

Bingung harus mulai dari mana? Berikut adalah tips memilih warna blush on yang tepat menurut makeup artist.

1. Perhatikan tone kulit

ilustrasi skin toneVia ilustrasi skin tone

Pemilihan blush on sama halnya seperti memilih foundation atau bedak. Kita harus mencocokan dengan skin tone yang kita punya.

Misalnya pada kulit dengan rona sejuk atau cool tone, pilihlah warna merah muda, berry, dan plum. Pada kulit dengan olive tone disarankan memakai warna peach, merah muda, ataupun ungu muda. Sedangkan pada warm tone bisa memilih warna apapun tetapi pilih tone warna yang lebih deep.

Makeup artist terkenal Elaina Badro mengatakan, “Warna kulit harus dipertimbangkan saat memilih warna blush yang tepat, serta apakah undertone kulitnya warm atau cool,” katanya.

“Jika mempunyai warna kulit yang lebih terang, lebih baik memilih warna seperti pink muda dan warna pastel. Untuk kulit warm tone apapun warna yang deep sangat bagus untuk kulit gelap seperti deep berry, dan untuk warna kulit medium (tergantung pada undertone-nya) saya memilih warna peach dan pink.”

Baca juga: Apakah Blush On Bisa Digunakan untuk Eyeshadow?

2. Samakan dengan warna lipstik

lipstickVia lipstick

Agar terlihat lebih natural dan tidak mencolok, pilihlah blush on sesuai dengan warna lipstik yang kamu pakai, menurut makeup artist Neil Young, yang bekerja di ICONIC London dan mempunyai banyak pengalaman dengan orang–orang terkenal.

“Ketika bingung memilih blush on, carilah sesuai dengan warna lipstik yang kita pakai” katanya.

Pemilihan warna ini bisa dari warna monokrom yang masih berada dalam satu tone warna. Misalnya, jika memakai lipstik warna pink atau merah gunakan blush on dengan warna yang senada.

3. Perhatikan tekstur blush on

ilustrasi tekstur liquid blush onVia ilustrasi tekstur liquid blush on

Warna memang penting, tetapi pemilihan tekstur juga sama pentingnya agar hasil blush on sesuai.

Jika ingin hasil makeup yang lebih natural atau clean girl makeup look pilihlah tekstur yang cair. Jika kamu ingin tampilan yang lebih bold atau lebih tahan lama pilih blush on dengan tekstur powder.

Baca juga: Salah Cara Pakai Blush On Bisa Bikin Pipi Terlihat Chubby

4. Penempatan pada blush on

penempatan blush onVia penempatan blush on

Selain warna dan tekstur, penempatan blush on juga dapat menghasilkan look yang berbeda. Penempatan blush on tergantung pada tema makeup yang akan kita kenakan, misalnya kita ingin membuat igari makeup look kamu bisa memakai blush on di pipi, ujung hidung, dan dagu.

Lalu ketika membuat Latina makeup look penempatan blush on  pada tulang atas pipi dengan menggunakan warna yang lebih deep untuk menonjolkan tulang pipi.

Baca juga: 8 Cara Memakai Blush On, Bentuk Wajah Juga Berpengaruh

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com