Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat di Medsos, Salah Satu Alasan Warga Malaysia Berburu Baju Lebaran di Jakarta

Kompas.com - 10/03/2024, 20:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Belakangan ini viral video beberapa warga Malaysia yang mengabadikan perjalanannya ke Jakarta untuk berbelanja baju Lebaran.

Meskipun tempat yang banyak disoroti adalah kompleks Pasar Tanah Abang, mereka ternyata tidak hanya mengunjungi pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat itu untuk berburu baju Lebaran.

Baca juga:

Nashwa Matin (pemilik akun TikTok @nashsushi), misalnya, salah satu warga Malaysia yang juga mengunggah pengalaman belanjanya di Jakarta, mengatakan bahwa dirinya tidak hanya mengunjungi Tanah Abang, tetapi juga Thamrin City dan Mangga Dua.

"Saya kemarin ke Tanah Abang dan Thamrin City untuk beli baju Raya, tapi juga ke mal lain seperti Mangga Dua," ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (10/3/2024).

Kolase tangkapan layar unggahan video di akun TikTok @nashsushi, yang menceritakan pengalamannya belanja baju Lebaran di Jakarta. 
Tangkapan layar akun TikTok @nashsushi. Kolase tangkapan layar unggahan video di akun TikTok @nashsushi, yang menceritakan pengalamannya belanja baju Lebaran di Jakarta.

Salah satu alasan dirinya rela jauh-jauh berburu baju Lebaran ke negeri tetangga adalah karena melihat banyak konten di media sosial tenrang belanja baju murah di Jakarta.

Menurutnya, harga baju Lebaran di Jakarta lebih murah daripada di Malaysia. Nashwa pun senang dengan model-model pakaian yang ditemukannya karena bagibya trendi dan modis.

"Saya lihat banyak TikTokers Indonesia posting soal baju-baju murah, jadi saya tertarik banget," katanya.

Baca juga:

Senada, pemilik akun TikTok @nurintashaaa, Nurin mengatakan, informasi tentang tempat belanja baju Lebaran di Jakarta dikumpulkannya dari berbagai sumber.

Termasuk di antaranya sumber online, seperti situs-situs, video YouTube, dan media sosial yang berisi rekomendasi orang-orang yang berbelanja.

Setelahnya, Nurin juga bertanya kepada beberapa keluarga dan kerabat tentang pengalaman belanja mereka di Jakarta.

Namun, selain itu, ia juga mengingat kembali pengalamannya saat pernah mengunjungi Jakarta.

"Jadi sebetulnya saya mengumpulkan informasi tentang tempat-tempat belanja Baju Raya di Jakarta lewat kombinasi berbagai metode," kata dia.

Kolase tangkapan layar unggahan video di akun TikTok @nurintashaaa, yang menceritakan pengalamannya belanja baju Lebaran di Jakarta. Tangkapan layar akun TikTok @nurintashaaa Kolase tangkapan layar unggahan video di akun TikTok @nurintashaaa, yang menceritakan pengalamannya belanja baju Lebaran di Jakarta.

Pengalaman positif itu membuat Nurin berpikir untuk datang lagi ke Jakarta pada momen Lebaran berikutnya.

Di samping tujuan untuk membeli baju-baju yang lebih murah, ia juga menyukai budaya dan pengaruh mode beragam yang ditemuinya di Jakarta.

Baginya, hal-hal semacam itu tidak bisa didapatkan di negara asalnya.

"Jadi berdasarkan pengalaman positif saya belanja Baju Raya di Jakarta dan banyak sekali pilihannya, tentu bakal dipertimbangkan lagi untuk beli Baju Raya di Jakarta lagi pada kesempatan berikutnya," ucap dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com