Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menenangkan Diri dengan Cepat Menurut Penelitian

Kompas.com - 06/04/2024, 13:13 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Tubuh kita bisa berubah ketika stres. Kamu mungkin akan mulai berkeringat lebih banyak, detak jantung lebih cepat, dan otot-otot menegang. Pada saat yang sama, pernapasan dan tekanan darah biasanya juga akan meningkat. 

Semua ini adalah tanda-tanda respons “lawan-atau-lari” yang cenderung kita alami akibat stres, menurut National Institutes of Health (NIH). Jika reaksi fisik seperti ini kerap kamu alami, maka dapat berdampak negatif pada kesehatan.

“Stres jangka panjang (juga disebut stres kronis) dapat berkontribusi atau memperburuk berbagai masalah kesehatan termasuk gangguan pencernaan, sakit kepala, gangguan tidur, dan gejala lainnya,” NIH memperingatkan. “Stres dapat memperburuk asma dan dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya.”

Baca juga: 5 Cara untuk Menjadi Lebih Rileks, Penting bagi Hidupmu

Untuk mengatasinya, kita diminta untuk lebih rileks menghadapi hidup. Tentu ini lebuh mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun penelitian menunjukkan ada beberapa teknik relaksasi yang terbukti bisa membantu kita menjadi tenang dalam waktu singkat. 

10 cara menenangkan diri dengan cepat

1. Ketuk jari 

Meskipun aktivitas seperti yoga terkenal dapat membantu orang untuk rileks, tapi tidak selalu nyaman bagi kita untuk berhenti sejenak dari apa yang sedang kita lakukan, apalagi ditempat umum, dan melakukan pose yoga.

Itu sebabnya teknik yang disebut “mengetuk” dapat membantu; kita dapat melakukannya sendiri hampir di mana saja dengan menggunakan ujung jari untuk mengetuk area tertentu di tubuh.

“Kadang-kadang cara ini digambarkan sebagai 'akupunktur tanpa jarum', dan membantu memindahkan energi stagnan ke seluruh tubuh dengan mengetuk titik-titik akupresur, dan dilakukan dengan kombinasi pengucapan frasa yang mengalihkan emosi cemas ke pikiran yang lebih menenangkan, sekaligus mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang merupakan kunci relaksasi,” Bridget Botelho, Praktisi Kesehatan Integratif (IHP) bersertifikat dan pendiri Immune Intuition.

Ilustrasi mendengarkan lagu dapat meredakan kecemasan.dok. Shutterstock/Chay_Tee Ilustrasi mendengarkan lagu dapat meredakan kecemasan.

2. Dengarkan lagu yang menenangkan 

Memutar lagu yang tepat juga dapat menurunkan tingkat stres. Pada tahun 2011, ahli saraf dari Mindlab International bekerja sama dengan terapis suara dari British Academy of Sound Therapy untuk menentukan efek relaksasi dari beberapa trek berbeda.

Mereka memutuskan bahwa mendengarkan lagu berjudul "Weightless", yang diciptakan oleh band Marconi Union dengan bantuan pendiri British Academy of Sound Therapy Lyz Cooper, terbukti lebih menenangkan bagi peserta secara keseluruhan daripada dipijat atau mendengarkan lagu santai lainnya. 

Dijuluki sebagai "lagu paling menenangkan di dunia", lagu ini mampu mengurangi kecemasan peserta secara keseluruhan sebesar 65 persen dan menurunkan detak jantung istirahat mereka sebesar 35 persen, kata David Lewis-Hodgson, BsC, neuropsikolog dan ketua Mindlab International, kepada Inc.

'Weightless' sangat efektif, banyak wanita menjadi mengantuk dan saya menyarankan agar tidak mengemudi sambil mendengarkan lagu ini karena bisa berbahaya," kata Lewis-Hodgson kepada majalah tersebut.

Baca juga: Musik Bisa Jadi Alat Pereda Stres yang Efektif, Ini 6 Alasannya

3. Atau dengarkan "binaural beats"

Tidak berminat mendengarkan musik? Coba dengarkan binaural beats saja. Ini “adalah jenis terapi suara di mana kita mendengar dua frekuensi audio yang sedikit berbeda, yang menciptakan ilusi pendengaran dan penginderaan frekuensi yang mungkin memiliki efek relaksasi,” jelas Botelho.

Binaural beats diyakini menyebabkan kondisi mental yang sama seperti yang dikaitkan dengan latihan meditasi, tetapi dengan cara yang jauh lebih cepat, menurut Healthline. Hasilnya, cara ini dapat membantu orang rileks, mengurangi stres dan kecemasan, serta mengatasi rasa sakit.

“Penelitian ini pastinya beragam mengenai penggunaan binaural beats, tapi menurut saya layak untuk dicoba bagi siapa saja yang tertarik untuk mengeksplorasi berbagai jenis musik untuk membantu menciptakan rasa tenang,” kata Botelho. "Saya pribadi menganggap binaural beats sangat menenangkan, seperti musik yang kita temukan di spa. Dan siapa yang tidak menyukainya?"

4. Luangkan waktu untuk membaca selama beberapa menit

Tidak ada yang meminta kamu membaca seluruh buku sekaligus. Namun Lewis-Hodsgon sebelumnya melakukan penelitian lain di Mindlab Universitas Sussex pada tahun 2009 dan menemukan bahwa melakukan aktivitas yang satu ini bahkan dalam waktu singkat dapat membantu kita menenangkan diri, The Daily Telegraph melaporkan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com