Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Berat Badan Ideal Perempuan Rekomendasi Kemenkes

Kompas.com - 08/04/2024, 09:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Setiap perempuan menginginkan berat badan yang ideal. Selain menunjang penampilan, berat badan ideal juga dapat menghindari obesitas yang meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

Lantas, berapa berat badan ideal buat perempuan? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, simak ulasannya berikut ini dilansir dari Kementerian Kesehatan, Siloam Hospitals, dan Medical News Today. 

Baca juga: 7 Manfaat Zumba Setiap Hari, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Tabel berat badan perempuan dari Kemenkes 

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) menyusun tabel berat badan yang disarankan untuk perempuan. Kemenkes mengategorikan bentuk badan menjadi tiga, yakni bentuk badan kecil, sedang, dan besar. 

Berat badan perempuan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan tersebut, juga dibagi berdasarkan tinggi badan. Berikut tabel berat badan perempuan yang disarankan Kementerian Kesehatan disadur dari situs Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan.

Tabel berat badan perempuan yang disarankan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) Kementerian KesehatanDok. Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan Tabel berat badan perempuan yang disarankan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) Kementerian Kesehatan

Indeks Massa Tubuh (IMT) 

Selain mengacu tabel dari Kemenkes di atas, masyarakat juga bisa melihat kategori berat badan dengan cara mengukur Body Mass Indexs (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

BMI atau IMT merupakan alat untuk mengukur berat badan seseorang dibandingkan dengan tinggi badannya, dilansir dari Medical News Today. Sementara, dilansir dari Siloam Hospitals, BMI atau IMT adalah adalah perkiraan lemak tubuh yang didasarkan pada tinggi dan berat badan.

Baca juga: 5 Tips Jaga Berat Badan Ideal Selama Lebaran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com